Total bantuan yang diserahkan di Kalsel sebesar Rp2,3 miliar, baik berupa uang tunai, paket sembako maupun kendaraan dan peralatan penanganan bencana,"
Martapura (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya ke Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan sosial ke sejumlah daerah di provinsi setempat sebesar Rp2,3 miliar.

Bantuan diserahkan secara simbolis di sela kegiatan Bakti Sosial Taruna Siaga Bencana tingkat nasional di Kota Martapura ibukota Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu malam.

"Total bantuan yang diserahkan di Kalsel sebesar Rp2,3 miliar, baik berupa uang tunai, paket sembako maupun kendaraan dan peralatan penanganan bencana," ujarnya.

Bantuan Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) berupa satu unit kendaraan Rescue Tactical Unit diserahkan kepada dua kabupaten.

Bantuan kendaraan operasional untuk penanggulangan bencana sebesar Rp372 juta diberikan kepada Pemkab Hulu Sungai Tengah dan Pemkab Tanah Laut.

Direktorat Pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial berupa 500 paket sembako, bantuan peralatan shalat untuk anak panti asuhan sebanyak 128 paket.

Selain itu, bantuan peralatan sekolah untuk anak fakir miskin sebanyak 100 paket, serta bantuan berupa jaket untuk tukang ojek di Kota Martapura 100 paket.

Bantuan Direktorat Pemberdayaan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) berupa bantuan korban kebakaran bagi 24 kepala keluarga terdiri dari 22 unit rusak berat dan dua rusak ringan.

Jumlah bantuan yang diserahkan sebesar Rp270 juta kepada Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Banjar bantuan keserasian sosial untuk 4 desa sebesar Rp436 juta.

Direktorat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PSLU) berupa bedah kamar lansia miskin terlantar sebanyak 50 orang sebesar Rp500 juta di Kabupaten Banjar.

Sedangkan bantuan Direktorat Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan (RSODK) berupa kaki palsu untuk dua ODK dan santunan ODK berat satu orang Rp2,5 juta.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014