Kartu Indonesia Pintar ini sejatinya akan diserahkan langsung Presiden Jokowi. Karena batal ke Matra, maka saya terpaksa menyerahkan langsung hari ini karena warga terlanjur datang ke lokasi pengambilan KIP di Kantor Pos Matra."
Mamuju (ANTARA News) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) batal menyerahkan secara langsung Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat.

"Kartu Indonesia Pintar ini sejatinya akan diserahkan langsung Presiden Jokowi. Karena batal ke Matra, maka saya terpaksa menyerahkan langsung hari ini karena warga terlanjur datang ke lokasi pengambilan KIP di Kantor Pos Matra," kata Bupati Matra, Ir.H.Agus Ambo Djiwa di Pasangkayu, Rabu.

Menurutnya, ribuan warga sejak pagi hingga siang menunggu kedatangan orang pertama di negara ini tetapi karena pertimbangan lain, sehingga Presiden Jokowi yang dikenal blusukan itu gagal ke Pasangkayu ibukota Matra.

Agus yang juga ketua PDI-P Sulbar ini mengaku sedikit kecewa atas pembatalan kunjungan itu. Namun demikian, ia tetap berbesar hati karena tugas dan tanggungjawab presiden begitu besar.

"Tidak apa beliau tak datang ke Matra. Mungkin dalam kesempatan lain kita akan hadirkan ke Matra," ungkapnya lagi.

Dia mengatakan, penyaluran KIP dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini merupakan yang perdana diluncurkan ke daerah setelah DKI Jakarta telah menerapkannya.

Proses penyerahan KIP dan KIS ini mendapat respon besar dari ratusan warga yang telah memenuhi kantor PT Pos.

"Jumlah masyarakat cukup membludak untuk menerima KIP dan KIS. Apalagi, warga mengetahui yang menyerahkan itu Jokowi. Saya mencoba memberikan pemahaman kepada warga kami yang merindukan sosok Jokowi," ujar Agus.

Ia menyampaikan, sebanyak 5.600 kartu akan dibagikan secara bertahap kepada 12 kecamatan yang ada di Matra.

Usai menerima kartu sakti, maka warga pun rela antri untuk mencairkan secara tunai yang dibayarkan PT Pos senilai Rp400 ribu untuk kuota dua bulan.

Abdul Azis yang juga warga Pasangkayu mengatakan, sangat bersyukur karena kebijakan Jokowi yang baru saja menjabat sebagai presiden langsung memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014