Jajaran perusahaan tersebut menempatkan prioritas terhadap keberagaman untuk mewujudkan kepemimpinan

PHILADELPHIA (ANTARA/BUSINESS WIRE) -- Hay Group, firma konsultasi manajemen global, hari ini merilis Best Companies for Leadership Study (Studi) tahunan ke-9 dan daftar Top 20. Studi ini memberikan penilaian terhadap sejumlah perusahaan dengan kepemimpinan terbaik dari seluruh dunia dan mengidentifikasikan cara perusahaan-perusahaan tersebut beroperasi dan mempercepat pengembangan para pemimpin hebat. Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, Procter & Gamble kembali menjadi pemuncak daftar pemenang, yang diikuti oleh General Electric, Coca-Cola, dan IBM.

Mengacu kepada Studi tersebut, Best Companies for Leadership Study memiliki pendekatan yang determinan dan disiplin untuk membantu para pemimpin berkembang di dalam perusahaan mereka. Temuan utama dari kajian tahun ini ialah 80 persen dari 20 perusahaan teratas telah membangun jenjang karir yang jelas untuk para karyawan mereka, dibandingkan dengan 48 persen perusahaan lain. Demikian pula, 80 persen dari 20 perusahaan teratas berada satu langkah di depan dalam konteks penyediaan pengalaman jenjang karir untuk para karyawan yang paling berbakat dan berpotensi, sehingga menjamin perusahaan memiliki orang-orang dengan kompentensi yang tepat mengisi posisi-posisi penting.

"Riset tahun ini menunjukkan kalau perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia memang mengembangkan para pemimpin yang nantinya dapat mendorong inovasi dan transformasi di dalam perusaahaan mereka," ujar Ruth Malloy, Global Managing Director praktik Kepemimpinan dan Bakat dan salah satu pemimpin Best Companies for Leadership Study Hay Group. "Jajaran perusahaan terbaik di kelasnya ini menyediakan jenjang karir dan pelatihan yang non tradisional dan lebih beragam kepada para karyawan yang berpotensi guna memenuhi tingginnya kebutuhan bisnis terkini dan mengembangkan kompetensi mereka untuk membantu perusahaan mencapai kesuksesan di dalam lanskap bisnis global modern yang terus berevolusi."

Ke-20 perusahaan teratas tersebut tak hanya menyediakan jenjang karir yang jelas dan beragam, tapi juga memang memiliki rencana untuk mengembangkan berbagai pemimpin di bidangnya masing-masing. Separuh dari 20 perusahaan teratas menawarkan program pengembangan kepemimpinan khusus bagi wanita, dibandingkan dengan 13 persen dari seluruh perusahaan lainnya, dan 40 persen dari 20 perusahaan teratas memiliki program yang dirancang untuk beragam grup, dibandingkan dengan hanya 11 persen dari perusahaan lainnya. Perusahaan terkemuka juga cenderung menyediakan program pengembangan kepemimpinan untuk semua level pengalaman (83 persen dibandingkan 57 persen). Sejalan dengan itu, 20 perusahaan teratas lebih mungkin melaporkan keberagaman diantara jajaran senior mereka, dengan 68 persen (berbanding 53 persen dengan semua perusahaan lainnya) yang mengindikasikan keberagaman kepemimimpinan senior mereka yang merefleksikan keberagaman tenaga kerja mereka. 

Pemimpin yang berorientasi tujuan
Pada daftar 20 Perusahaan Teratas, fleksibilitas untuk merespon berbagai perubahan ekonomi adalah salah satu kriteria utama para pemimpin pada 12 bulan pertama kepemimpinan, selain kemampuan untuk memanfaatkan peluang yang ada di pasar negara berkembang.

Anehnya, di era di mana banyak perusahaan cenderung semakin memilih metode pembelajaran daring, namun 20 Perusahaan Teratas masih memanfaatkan metode tatap muka. Pelatihan kepemimpinan berbasis ruang kelas masih menjadi favorit bagi 20 Perusahaan Teratas (digunakan oleh 74 persen 20 Perusahaan Teratas vs 51 persen dari semua perusahaan lainnya), dengan pelatihan oleh staf senior dan dari sumber daya internal (69 persen dan 61 persen vs 41 persen dan 34 persen, masing-masing).

"Perusahaan-perusahaan terkemuka semakin sadar dengan mengembangkan pemimpin strategis dan memiliki koneksi global untuk masa depan berarti mereka telah membuat investasi sekaligus menggunakan berbagai teknologi terbaik guna menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dan membawa pembelajaran kembali kepada tim dan perusahaan mereka," Rick Lash, direktur praktik Kepemimpinan dan Bakat Hay Group dan salah satu pemimpin dari Best Companies for Leadership

"Perusahaan-perusahaan tersebut mengambil pendekatan terstruktur yang partisipatif untuk mengembangkan bakat-bakat tersebut. Seiring dengan tantangan dalam dunia bisnis kian kompleks, kami melihat pertumbuhan pemimpin yang dikembangkan berdasarkan tujuan."

Temuan-temuan utama lain dari Best Companies for Leadership Study:

Perusahaan terkemuka yang aktif mengelola bakat-bakat potensial          Top 20          Semua perusahaan
                                                                                                                                               lainnya

Aktif mengelola bakat-bakat suksesor untuk posisi-posisi penting                            84%            50%
Menggunakan proses peninjauan dan perencanaan untuk                                         90%            56%
mengisi posisi pemimpin
Jumlah kandidat internal berkualitas yang mencukupi                                                70%            44%
siap untuk mengisi posisi pemimpin di segala level
Perusahaan mengkaji sejumlah karyawan yang berpotensi tinggi                                93%            67%
untuk mengisi posisi pemimpin masa depan
Posisi besar atau penting biasanya diisi dengan mempromosikan                                85%            63%
karyawan dari dalam perusahaan


Perusahaan-perusahaan terbaik terus focus mempersiapkan calon       Top 20               Semua perusahaan
pemimpin untuk menghadapi lanskap bisnis global                                                                             lainnya 
                                                                     
Apresiasi terhadap isu-isu global adalah persyaratan kerja utama                         80%                           48%
Perusahaan menyediakan dukungan atau pelatihan untuk membantu karyawan     83%                           55%
bekerja dan berkolaborasi di seluruh dunia
Para pemimpin paham secara kultur dan mampu untuk bekerjasama                    83%                           61%
dengan beragam tim dengan efektif
Perusahaan menyediakan dukungan atau pelatihan terkait cara                             84%                           63%
untuk bekerjasama dengan struktur perusahaan lainnya

      
Untuk informasi lebih lanjut tentang Best Companies for Leadership Hay Group, silakan kunjungi situs mikro www.haygroup.com/BCL, atau bergabung dengan obrolan tentang #BCLeaders di Twitter di http://twitter.com/HayGroup.

Untuk mengatur perjanjian wawancara dengan Ruth Malloy atau Rick Lash, silakan hubungi Evan Stisser di (212) 221-4616 atau evan@blissintegrated.com.

Tentang Best Companies for Leadership Study Hay Group
Hay Group telah melakukan riset Best Companies for Leadership sejak tahun 2005. Survey tahun ini mencakup respon-respond dari hampir 18.000 di lebih dari 2100 perusahaan di seluruh dunia. Survey ini didasarkan atas hasil jajak pendapat dari kuesioner dan nominasi sejawat. Responden-responden yang telah merampungkan survey berasal dari 115 negara, dengan 6% dari Amerika Utara, 35% dari Eropa, 2% dari Timur Tengah/Afrika, 27% dari Asia Pasifik, dan 29% dari Amerika Latin. Untuk melihat daftar 20 Perusahaan Teratas dari tahun 2005 hingga 2014, silakan kunjungi situs mikro Best Companies for Leadership.

Tentang Hay Group
Hay Group adalah firma konsultasi yang bekerjasama dengan para pemimpin untuk mentrasnformasikan strategi menjadi realitas. Kami mengembangkan bakat, mengorganisir orang-orang agar lebih efektif, dan memotivasi mereka untuk memberikan kinerja yang terbaik. Dengan 86 kantor di 48 negara, kami bekerjasama dengan lebih dari 8000 klien di seluruh dunia. Klien kami berasal dari sektor swasta, publik, dan nirlaba di segala industri, dan merepresentasikan berbagai tantangan bisnis terkini. Fokus kami ialah untuk mewujudkan perubahan dan membantu orang-orang dan perusahaan untuk menyadari dan memanfaatkan potensi yang mereka punya.

Kontak
For Hay Group
Evan Stisser, 212-221-4616
evan@blissintegrated.com

Sumber: Hay Group

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014