Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengatakan produk kelautan merupakan salah satu yang diprioritaskan menjadi komoditas ekspor unggulan demi mencapai target peningkatan ekspor hingga 300 persen.

"Semua komoditas merupakan prioritas karena semua pasar butuh apa yang kita punya. Salah satunya adalah produk hasil laut," ujar Rahmat usai menghadiri seminar Economic Outlook: Indonesia 2015 and Beyond: Reinventing Economic Priorities di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan produk kelautan Indonesia memiliki potensi besar yang masih bisa dimanfaatkan menjadi komoditas ekspor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dari segi kuantitas, produk laut Indonesia bisa ditingkatkan mengingat masih ada ikan-ikan yang dicuri lewat illegal fishing.

Dia optimistis bila Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat mengatasi masalah tersebut maka Indonesia bisa mendapat pemasukan lebih besar dari ekspor hasil laut.

Rahmat mengemukakan tiga tujuan utama yang ingin dicapai Kementerian Perdagangan, antara lain meningkatkan ekspor, memperkuat pasar domestik dan menjaga stabilitas harga. Dia menekankan pentingnya berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk mewujudkan target itu.

"Komunikasi sedang dilakukan untuk mendukung ekspor dan meningkatkan daya saing produk nasional," ujar dia.

Bila koordinasi dengan berbagai kementerian telah terjalin baik, dia optimistis Indonesia dapat memproduksi komoditas untuk pasar domestik dan pasar luar negeri.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014