Jepang meminta pemerintah Indonesia mempercepat pembangunan pelabuhan Cilamaya...
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin, minta pemerintah mempercepat pembangunan Pelabuhan Cilamaya, sehingga akan mempercepat keluar masuknya arus barang dari kawasan industri ke pelabuhan.

"Jepang meminta pemerintah Indonesia mempercepat pembangunan pelabuhan Cilamaya dan mereka menyatakan diperlukan inisiatif ke arah pembangunan," kata Direktur Jenderal Kerja Industri Internasional Kemenperin Agus Tjahajana di Jakarta, Kamis.

Agus mengatakan, pihak Jepang tidak keberatan untuk memberikan bantuan mewujudkan pembangunan Pelabuhan Cilamaya tersebut, dengan skema yang belum ditentukan.

Sementara itu, Dubes Jepang Tanizaki mengatakan, selama ini pemerintah maupun perusahaan-perusahaan Jepang lebih banyak berinvestasi dengan skala besar di Indonesia.

Ke depan, lanjut Tanizaki, ia berharap perusahaan skala menengah dan kecil akan turut berinvestasi di Indonesia, sehingga struktur investasi di Indonesia akan lebih kuat dari akarnya.

"Saya berharap perusahaan skala menengah dan kecil dari Jepang itu dapat berinvestasi di Indonesia, terutama di bidang spare parts (suku cadang) atau bahan-bahan pembuat produknya," ujar Tanizaki.

Ia menambahkan, investasi langsung dari Jepang ke Indonesia memiliki beberapa efek, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan berkontribusi untuk perolehan teknologi dari Jepang.

Menurutnya, investasi tersebut akan berkontribusi memperkuat struktur investasi dan perindustrian di Indonesia, serta meningkatkan daya saing terhadap negara lain.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014