Aden, Yaman (ANTARA News) - Dua orang tewas dalam satu serangan "drone" AS pada Kamis pagi di Provinsi Abyan di Yaman Selatan, kata seorang kepala suku kepada Xinhua.

Satu pesawat tanpa awak milik AS menembakkan satu rudal, yang menghantam satu sepeda motor di Kota Kota Mudiyah di Provinsi Abyan, menewaskan dua tersangka anggota Al Qaida di tempat, kata kepala suku tersebut --yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

Mudiyah dulu menjadi kubu Al Qaida di Jazirah Arab (AQAP).

Identitas pasti kedua orang yang tewas pada Kamis belum diketahui, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis malam. Namun seorang pejabat keamanan Yaman di Abyan mengatakan pemerintah "sedang berusaha meneliti laporan bahwa kedua orang itu" adalah anggota AQAP.

Serangan "drone" AS pada Kamis dilancarkan cuma sehari setelah serangan serupa di Yaman Tengah, yang menewaskan Shawki Al-Badani, yang diidentifikasi sebagai seorang pemimpin AQAP, dan Shawki Ali Ahmed Al-badani --seorang anggota AQAP.

Para pejabat militer Yaman telah menuduh gerilyawan dari cabang Al Qaida yang berpusat di Yaman sebagai pelaku serangkaian pembunuhan dan serangan bersenjata, kebanyakan di wilayah selatan negeri tersebut.

AQAP, yang muncul pada Januari 2009 dan juga di Yaman dikenal dengan nama Ansar Ash-Sharia, dipandang sebagai salah satu ancaman terbesar bagi Pemerintah Yaman dan tetangganya yang kaya akan minyak, Arab Saudi.

(Uu.C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014