Bishkek (ANTARA News) - Tiongkok memainkan peran yang sangat penting dalam urusan ekonomi Asia dan global, Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao mengatakan, Kamis.

Tiongkok adalah mesin pertumbuhan ekonomi penting di Asia dan ekonomi global, sehingga tidak ada pertanyaan bahwa Tiongkok memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian regional dan global," kata Nakao pada konferensi pers Konferensi Tingkat Menteri CAREC ke-13, mengutip contoh bahwa Tiongkok meningkatkan kerja sama regional, lapor Xinhua.

Nakao juga menunjukkan bahwa Tiongkok adalah anggota dari CAREC, yang mendukung kerja sama ekonomi di Asia Tengah. Antara CAREC dan "Silk Road Economic Belt", ada begitu banyak konektivitas. Oleh karena itu, kata dia, program CAREC dan "Silk Road Economic Belt" harus menjalin kerja sama.

Program CAREC adalah sebuah inisiatifyang didukung ADB. Diluncurkan pada 2001, bertujuan untuk mendorong kerja sama ekonomi antara negara-negara di Asia Tengah.

Program ini meningkatkan kerja sama regional dalam transportasi, energi, fasilitas perdagangan, dan sektor utama lainnya yang menjadi kepentingan bersama di antara 10 negara anggota, yaitu Afghanistan, Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Pakistan, Tiongkok, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.  (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014