Ada Bandara di Parigi Kecamatan Pangandaran, sehingga mobilitas bagi kontingen peserta bisa menggunakan pesawat kecil...
Bandung (ANTARA News) - Lokasi pertandingan berkuda PON XIX/2016 di Kabupaten Pangandaran, Jabar yang merupakan salah satu arena terjauh, bisa dijangkau dengan pesawat kecil dari Bandung ke Bandara Nusawiru.

"Ada Bandara di Parigi Kecamatan Pangandaran, sehingga mobilitas bagi kontingen peserta bisa menggunakan pesawat kecil, apalagi helikopter," kata Wakil Ketua Bidang Sarana dan Prasarana KONI Jabar Yeyen Hidayat di Bandung, Jumat.

Menurut dia, jalur itu selama ini diterbangi pesawat kecil jenis caravan milik maskapai penerbangan Susi Air. Selain itu jalur tersebut juga merupakan jalur pesawat trike bagi penghobi olahraga dirgantara.

Namun demikian, penerbangan Bandung-Pangandaran itu hanya untuk penumpang dan peralatan ringan, sedangkan pengangkutan kuda pacuan tetap menggunakan jalur darat melalui rute Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran- Parigi.

Jarak antara Bandung-Pangandaran yang menjadi tempat pertandingan pacuan kuda itu lebih dari 230 kilometer ke arah selatan. Selain Pangandaran, arena terjauh lainnya adalah tinju yang digelar di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi.

"Jalur udara dari Bandung-Pangandaran bisa dilakukan dengan mencarter pesawat," katanya.

Sejumlah venue PON lainnya juga bisa ditempuh oleh peserta PON dengan jalur udara adalah ke Lanud Atang Senjaya Bogor, Lanud Kalijati Subang dan Lanud Penggung Cirebon. Namun mobilitas yang paling memungkinkan menggunakan pesawat helikopter.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014