Seoul (ANTARA News) - Televisi pemerintah Korea Utara menayangkan cuplikan video Presiden Kim Jong-un berjalan tanpa tongkat jalannya namun terlihat pincang untuk pertama kali setelah dua bulan tak terlihat publik.

Cuplikan video itu disiarkan pada Kamis malam oleh Chosun Chungang TV, menunjukkan Kim sedang berada di panggung pada pertemuan komandan militer di Pyongyang yang berlangsung pada Senin dan Selasa.

Setelah absen panjang dari hadapan publik, Kim kembali muncul dengan tongkat pada pertengahan Oktober. Ketiadaannya selama hampir enam pekan memicu spekulasi tentang kondisi kesehatan serta kekuasaannya.

Dalam rekaman yang ditayangkan Kamis, Kim terlihat pincang saat ia berjalan melewati kerumunan tentara untuk berfoto bersama namun menghindari menunjukkan kakinya.

Badan intelijen Korea Selatan mengatakan Kim menjalani operasi pada pergelangan kaki kiri akibat komplikasi dari kista.

Rekaman video itu dirilis sehari setelah surat kabar Korea Utara, Rodong Sinmun, memuat gambar Kim berjalan tanpa tongkat pada pertemuan yang sama.

Sebelum Kim absen dari hadapan publik Korea Utara, televisi pemerintah menayangkan rekaman Kim yang sudah berjalan dengan pincang.

Sejak menerima tampuk kekuasaan setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il tahun 2011, Kim Jong-un telah menjadi tokoh publik terkenal. Media pemerintah selalu menampilkan keterlibatan Kim dalam serangkaian perjalanan ke unit-unit militer dan pabrik di negaranya untuk memberikan "bimbingan lapangan".

Ketiadaan Kim secara tiba-tiba pada awal September dengan cepat menjadi sumber rumor dan spekulasi dan menjadi bahasan hangat setelah dia melewatkan dua agenda politik penting yang biasanya ia datangi. (Uu.A050)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014