Pertemuan antara Lavrov dan Kerry direncanakan akan berlangsung 8 November di sela-sela persiapan KTT APEC di Beijing,"
Moskow (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry di Beijing, Sabtu, menjelang KTT Forum Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pekan depan, kata kantor-kantor berita Rusia melaporkan Jumat.

"Pertemuan antara Lavrov dan Kerry direncanakan akan berlangsung 8 November di sela-sela persiapan KTT APEC di Beijing," kata lembaga-lembaga itu mengutip sumber di kementerian luar negeri.

Presiden Rusia Vladimir Putin bertolak ke Beijing Minggu untuk mengadakan pembicaraan dengan Pemimpin Tiongkok Xi Jinping dan mengambil bagian dalam Forum Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik.

Dia tidak akan bertemu Presiden AS Barack Obama, kata Kremlin pekan ini.

Forum Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) akan diadakan di Beijing pada Senin dan Selasa, sementara G20 akan bersidang di Australia sehari kemudian, yaitu itu 15-16 November.

Hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat telah menjadi semakin dingin sejak akhir Perang Dingin setelah Moskow menganeksasi Semenanjung Krimea, Ukraina pada Maret.

Rusia disalahkan untuk mengaduk perang antara Kiev dan separatis pro-Moskow, termasuk dengan mengirimkan pasukan melintasi perbatasan ke bagian Ukraina timur, di mana lebih dari 4.000 orang telah tewas akibat pertempuran sejak April.

Kerry pada Rabu memperingatkan Rusia bahwa tekanan sanksi bisa diintensifkan jika Moskow tidak menunjukkan komitmen terhadap perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani pada September di ibu kota Belarusia Minsk. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014