Menteri Desa, Pemukiman Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar saat kunjungan ke Sulawesi Selatan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pemukiman Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Jumat (7/11) blusukan ke pemukiman Transmigrasi di Sulawesi Selatan.

Menteri dan rombongan meninjau keberhasilan masyarkat transmigrasn di Desa Bekkae, Kabupaten Wajo.

Selanjutnya, Menteri juga berkunjung ke posko kesehatan pesantren di Kabupaten Pinrang.

Selain bersilaturahmi dengan masyarakat, Menteri juga melakukan pengundian los pasar bersama dengan masyarakat setempat.   

“Yang saya laksanakan untuk kemajuan masyarakat desa dan sebagai komitmennya diri yang akan lebih banyak berkantor di desa-desa dibandingkan di kementeriannya di Jakarta,” ujar Menteri Marwan.

Saat di pemukiman transmigrasi Bekkae, Menteri Desa Marwan Jafar melihat langsung keberhasilan dan keberadaan masyarakat setempat dan menyerahkan bantuan dan peresmian prasarana pemukiman.

“Karena tidak terlepas dari peran masyarakat adat setempat yang telah secara sukarela menyerahkan lahannya dan turut berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan dan pengembangan permukiman transmigrasi tersebut,” ujar Menteri Marwan.

Permukiman Transmigrasi Bekkae SP 1 dan SP. 2 penempatannya dilaksanakan mulai tahun 2011, dengan total penempatan 453 KK / ± 1.879 jiwa dengan pola Tanaman Pangan.
 
“Permukiman ini telah berkembang cukup pesat, mudah-mudahan ke depan dapat menjadi desa yang maju,” ujar Menteri Marwan.

Menurut Menteri Marwan, permukiman Transmigrasi Bekkae merupakan bagian dari kawasan transmigrasi mempunyai potensi cukup besar untuk mengembangkan produksi pangan nasional.

“Permukiman tersebut merupakan salah satu contoh keberhasilan penerapan program focussing melalui peningkatan kualitas permukiman yang dititik beratkan pada peningkatan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat serta kegiatan sosial budaya,” ujar Marwan.

(Informasi ini disiarkan dengan dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014