Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah meminta industri farmasi di Tanah Air mendukung pemenuhan kebutuhan obat untuk pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Saat ini kejadian penyakit menular dan tidak menular terus meningkat di dalam negeri.

Penyakit stroke yang dulu hanya menyerang penduduk usia tua pun kini sudah meluas ke penduduk usia muda, bahkan anak-anak.

Sementara obat-obatan untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut masih banyak yang impor.

Menteri Kesehatan mengatakan kebutuhan akan obat terus meningkat seiring dengan peningkatan kejadian penyakit yang berhubungan dengan perubahan gaya hidup.

Menteri Kesehatan mengatakan pembangunan fasilitas produksi sediaan onkologi sangat relevan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang bermutu lewat program Jaminan Kesehatan Nasional sejak 1 Januari 2014.
 
Pelaksanaan JKN akan meningkatkan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan oleh masyarakat dan berdampak pada meningkatnya kebutuhan obat untuk seluruh kelas terapi.

Pembangunan fasilitas produksi sediaan onkologi akan memudahkan masyarakat memperoleh obat onkologi yang bermutu dengan harga yang terjangkau serta mengurangi impor obat.

(Informasi ini disiarkan dengan dukungan dari Kementerian Kesehatan)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014