Jakarta (ANTARA News) - Motor sport memberikan kontribusi 19 persen terhadap total penjualan PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, Banten, pada tahun ini.

WMS setiap bulannya menjual rata-rata sekitar 3.500 sampai 4.000 unit motor sport setiap bulannya atau sekira 19 persen dari total penjualan, naik tajam dari lima tahun lalu yang hanya 7-8 persen saja, kata Chief of Marketing WMS, Edi Setiawan, disela Honda Fiesta di Tangerang, Banten, Sabtu.

"Honda nggak cuma jagoan di (motor) bebek dan matik, tapi juga di sport. Kita sekarang sedang menggenjot penjualan CBR 150 dan 250cc," katanya.

Mengenai ketatnya persaingan pada pasar motor sport sekarang ini, Edi mengatakan, WMS akan terus meningkatkan strategi pemasaran, sementara strategi produk diserahkan kepada Astra Honda Motor sebagai pabrikan.

WMS terus meningkatkan citra bahwa Honda tidak hanya kuat pada sepeda motor bebek dan matik, tetapi juga pada pasar motor sport. Peningkatan citra itu antara lain melalui kiprah Wahana Dunia Motor (WDM) Racing Team dalam persaingan balap motor.

Prestasi WDM Racing Team sebagai juara nasional Indospeed Race Series 2014, kata Edi, merupakan bukti bahwa Honda juga unggul pada kelas motor sport.

Oleh karena itu, Edi yakin penjualan motor sport Honda di Jakarta dan Tangerang akan terus meningkat.

Mengenai pasar sepeda motor tahun depan, dikaitkan dengan ketatnya persaingan dan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak, WMS kata Edi tetap optimistis.

"Berkaca pengalaman terdahulu, imbasnya sesaat saja, selama ini kalo bensin naik kontraksi sesaat, sepeda motor tetap masih menjadi transportasi yang nyaman dan terjangkau," katanya.

GM Marketing WMS, Ario, menambahkan bahwa penjualan sepeda motor WMS hingga Oktober lalu mencapai 375.000 unit dan target tahun ini diharapkan menembus 500.000 unit.

Untuk tahun depan, WMS menargetkan penjualan 520.000-an unit, sementara penjualan tahun lalu 460.000 unit dengan kontribusi terbesar motor matik, 75-80 persen.

"(Motor) Bebek (pasarnya) makin kecil, tapi tetap kita maintenance," katanya.

Sekarang ini WMS didukung dengan jaringan penjualan berupa 150 dealer di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang.

Dalam Honda Fiesta yang digelar sehari di Kota Tangerang, WMS antara lain menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari service gratis untuk 200 sepeda motor, juga kegiatan sosial yang diikuti oleh komonitas Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).
Pewarta: Suryanto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014