Jakarta (ANTARA News) - Microsoft baru saja memperbarui aplikasi Office versi mobile-nya, menjadi software "freemium" dengan kemampuan tambahan mengedit dokumen dan menyimpannya di cloud.

Sebelumnya, aplikasi Office versi gratis untuk iOS hanya bisa untuk melihat dokumen Word, Excel, atau PowerPoint. Sementara untuk mendapatkan semua fungsionalitas dari Office perlu berlangganan Office 365.

Untuk berlangganan edisi "Personal", aplikasi Office untuk satu komputer dan satu tablet, dikenakan biaya mulai dari 6,99 dolar per bulan atau 69,99 dolar per tahun. Sedangkan Office 365 Home dibanderol 99,99 dolar per tahun yang memberikan akses penuh hingga lima komputer dan lima table.

Beberapa orang berlangganan Office 365 agar bisa mengedit file, namun fitur tersebut sekarang telah diaktifkan untuk aplikasi Office 365 versi "free" (gratis).

Oleh karena itu, bagi pengguna yang sudah terlanjur berlangganan untuk mendapatkan fitur itu, Microsoft akan mengembalikan uang mereka (refund). Microsoft akan mengembalikan uang itu bagi pelanggan yang berlangganan setelah 27 Maret lalu.

Kesempatan refund akan dibuka hingga 31 Januari 2015.

Namun, proses pengembalian bervariasi tergantung pada tempat berlangganan. Jika pengguna membeli Office 365 langsung dari Microsoft atau dealer, refund akan diberikan melalui Microsoft Support.

Jika pengguna berlangganan melalui iTunes, maka harus meminta pengembalian dana melalui iTunes Support.

Proses refund akan memakan waktu enam sampai delapan minggu, demikian seperti dilansir laman Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014