Beijing (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memuji Kota Tianjin di Tiongkok saat menyempatkan diri meninjau dan berkunjung ke kota tersebut, dengan menggunakan Kereta Api Cepat dari Beijing, Minggu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan hal itu saat bertemu dengan Walikota Tianjin Huang Xingguo di Kantor Walikota.

"Terima kasih telah menerima kami dengan rombongan dengan sangat hangat. Saya sudah lewat di tengah Kota Tianjin, kotanya rapi banyak tamannya dan bersih, penataaan kotanya baik sekali," kata Presiden kepada walikota.

Presiden melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api cepat Beijin-Tianjin yang ditempuh sekitar 30 menit.

Walikota Tianjin mengapresiasi kedatangan Presiden Joko Widodo ke kotanya di tengah-tengah kesibukan untuk pertemuan puncak para pemimpin Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Tiongkok.

"Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia (Joko Widodo) sebagai Presiden Indonesia. Ini adalah kali pertama Yang Mulia berkunjung ke sini setelah terpilih dan di sela-sela KTT APEC memutuskan meluangkan waktu berkunjung ke Tianjin adalah suatu kehormatan dan menunjukkan Yang Mulia sangat memperhatikam Tianjin," katanya.

Presiden Joko Widodo di Tianjing meninjau sejumlah sarana infrastruktur, proyek pembangkit listrik dan pelabuhan di kota tersebut. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas.

Tianjin adalah salah satu dari empat kota setingkat provinsi di Tiongkok selain Beijing, Shanghai dan Chongqing.

Kota yang berpenduduk 14,1 juta orang itu menurut data 2012 memiliki industri utama antara lain di bidang petrokimia, tekstil, mobil dan besi.

Pelabuhan Tianjin juga merupakan pelabuhan terbesar di kawasan utara Tiongkok dan merupakan pintu akses maritim terpenting bagi Beijing.

Dengan luas daratan 121 km persegi, pelabuhan Tianjin adalah "man-made port" terbesar di Tiongkok.

Pada tahun 2013 pelabuhan Tianjin menangani kargo sejumlah 500 ton dan kontainer sebanyak 13 juta TEU yang menjadikannya sebagai pelabuhan dengan aktivitas keempat terbesar di dunia dan pelabuhan kontainer kesembilan terbesar di dunia.

Pelabuhan Tianjin menghubungkan Tiongkok dengan lebih dari 600 pelabuhan di 180 negara di dunia.

Sementara itu Tianjin Beijing Power Plant adalah pembangkit listrik bertenaga batu bara dengan kapasitas 2.000 megawatt yang dibuka pada 2009 dan berlokasi di Hangu Subdistrik, Binhai New Area.

Pembangkit listrik itu adalah salah satu sumber tenaga bagi Tianjin terutama kawasan Binhai New Area.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok pekan ini, 8-11 November, untuk menghadiri pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik.

Pewarta: Gusti Nur Cahya Aryani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014