Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rapat pertama Kabinet Kerja memberikan pesan utama yaitu meningkatkan kemakmuran yang berkeadilan.

“Setiap kementerian dalam programnya harus berorientasi kepada meningkatkan kemakmuran yang berkeadilan,” ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat menyampaikan pesan Presiden pada  acara lepas sambut di kantor Kemendikbud, Senin 27 Oktober 2014.

Anies mengutip Presiden yang menekankan bahwa setiap kementerian harus memiliki berbagai terobosan, serta memiliki pemikiran dan bekerja dengan cara berbeda, baru dan cepat.

Dalam hal ini, kata Mendikbud, dunia pendidikan menjadi tempat yang paling banyak menyumbangkan, karena perubahan dimulai dari dunia pendidikan.

Sumbangan yang harus diberikan dalam dunia pendidikan adalah memberikan akses yang lebih adil dan merata.

Mendikbud mengemukakan, berbagai masalah pendidikan banyak terjadi bukan karena tidak mampu melakukan, tetapi karena tidak mau melakukan.

“Oleh karena itu pak presiden menekankan harus lakukan berbagai program dengan cara yang cepat dan tepat,” tutur Mendikbud.

Pesan terakhir  yang disampaikan Presiden menurut Mendikbud  adalah bahwa semua pekerjaan antar kementerian dan lembaga sifatnya harus dikoordinasikan dengan baik.

Mendikbud menuturkan, tim transisi kabinet sudah menyusun beberapa hal yang perlu dilakukan  pada awal pemerintahan khususnya bidang pendidikan.

“Akan terlebih dahulu didiskusikan di tim Kemdikbud terkait berbagai terobosan yang memiliki efek untuk pendidikan dan kebudayaan,” kata Mendikbud.(Kemdikbud/PIH/Seno Hartono)

 

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014