Praha (ANTARA News) - Petra Kvitova memimpin Republik Ceko meraih gelar Piala Fed ketiga mereka dalam empat tahun setelah mengalahkan Angelique Kerber pada final di Praha, Minggu, untuk membawa timnya meraih keunggulan 3-0 yang tidak akan terkejar lagi atas Jerman.

Kvitova, juara Wimbledon dan petenis peringkat empat dunia, mengalahkan petenis peringkat 10 dunia Kerber dalam pertarungan tiga set yang mendebarkan 7-6 (7/5), 4-6, 6-4, dalam waktu dua jam dan 57 menit.

Ceko memenangi trofi ketiga mereka setelah menjuarai turnamen itu pada 2011 dan 2012, menyusul lima gelar yang dicatat bekas negara Cekoslowakia pada 1975-1988. Jerman terakhir kali menjuarai Piala Fed pada 1992.

"Angie bermain sangat bagus dan saya gembira bisa berhasil. Ini sungguh soal satu angka dan dia seharusnya bisa mengambilnya," kata Kvitova.

"Saya betul-betul naik turun sejak mengawali pertandingan dan selalu ada perjuangan besar pada setiap angkanya."

"Saya beruntung pada akhirnya barangkali," kata Kvitova.

Set pertama berlangsung mendebarkan selama 76 menit dengan kedua petenis tangan kiri itu bermain paling agresif di lapangan super cepat O2 Arena, Praha, yang disaksikan 13.000 penonton.

Kvitova menyia-nyiakan empat "break point" dalam game kedua, sementara Kerber memerlukan satu kali untuk mencuri angka servis lawan pada game kelima, sebelum melakukannya lagi untuk unggul 5-2.

Tapi Kvitova bangkit dan membalas mematahkan servis lawannya itu dua kali untuk menyamakan kedudukan 5-5.

Kerber bermain menyerang untuk mematahkan servis lawannya lagi untuk unggul 6-5, sebelum drama mencapai puncaknya pada game ke-12.

Kerber mendapat lima "set point" pada game itu, tapi Kvitova dapat menjinakannya, sebelum mengkonversi "break point" kelimanya pada game tersebut untuk membawa set itu pada "tiebreak".

Pada saat "tiebreak", Kvitova sempat unggul 4-1, tapi Kerber dapat menyamakan kedudukan, tapi akhirnya, "tiebreak" berakhir 7-5 bagi kemenangan Kvitova.

Kerber kehilangan momentum pada awal set kedua dan membuat Kvitova meraih keunggulan 3-0, setelah memenangi dua game pertama.

Tapi dua dengan cepat memulihkan diri saat dia mematahkan servis Kvitova dua kali untuk menyamakan kedudukan 3-3.

Kerber dan Kvitova kemudian menghasilkan angka dari servisnya masing-masing, hingga Kerber meraih dua "break point" saat kedudukan 5-4 dan mengkonversi satu lagi saat tembakan Kvitova melebar dan memenangi set itu setelah 46 menit.

Dengan semangat yang tinggi, Kerber mencuri angka servis Kvitova pada awal set ketiga, saat petenis Ceko itu melakukan kesalahan sendiri.

Kvitova bangkit lagi dengan mematahkan servis Kerber dua kali dan menutup pertandingan pada "match point" keempatnya, saat pukulan "backhand" Kerber mendarat di net.

Pada Sabtu, Kvitova mengalahkan Andrea Petkovic 6-2, 6-4, dan Lucie Safarova menundukkan Kerber 6-4, 6-4, demikian AFP melaporkan.

(SYS/I015/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014