Swansea (ANTARA News) - Swansea berhasil menumbangkan Arsenal dengan skor akhir 2-1 dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion Liberty, Swansea, Senin dini hari WIB.

Dua gol dalam waktu empat menit yang dicetak Swansea melalui Gylfi Sigurdsson pada menit 75 dan Bafetimbi Gomis pada menit 78 membalikkan keadaan setelah Arsenal sempat unggul lebih dulu melalui Alexis Sanchez pada menit 63.

Hasil tersebut sekaligus membuat Swansea menggeser Arsenal dari peringkat lima klasemen dengan mengumpulkan 18 poin dari lima kemenangan dan tiga kali seri dalam 11 kali laga yang sudah mereka jalani.

Sementara Arsenal membayangi dengan selisih satu poin di peringkat enam.

Kekalahan itu menjadi kekalahan kedua pasukan besutan Arsene Wenger selama musim ini, setelah sebulan silam ditundukkan Chelsea 0-2 dalam Derby London.

Arsenal sebetulnya mengambil inisiatif serangan sejak awal laga, namun belum ada peluang berbahaya yang mereka ciptakan.

Swansea justru membuat pergerakan mengancam di dalam kotak penalti lawan pada menit 21 saat Wilfried Bony menyambut bola kiriman Marvin Emnes, namun bek kanan Calum Chambers melakukan kontak fisik yang tidak dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit Phil Dowd.

Menit 35 Swansea kembali melancarkan serangan dan kali ini memaksa penjaga gawang Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan atas upaya dari Emnes.

Kedudukan imbang tanpa gol bertahan hingga memasuki waktu turun minum.

Pada babak kedua, Arsenal kembali mengatur serangan lebih awal.

Hasilnya menit 63 Sanchez berhasil membawa Arsenal unggul 1-0, saat ia menerima umpan matang dari Danny Welbeck di dalam kotak penalti.

Swansea hampir segera membalas namun upaya Bony menyambut umpan Jefferson Montero masih melebar.

Pasukan besutan Garry Monk akhirnya berhasil membalas melalui eksekusi tendangan bebas dari jarak sekira 23 meter yang melengkung melewati barisan pagar hidup dan menghujam sudut atas gawang.

Tiga menit berselang, giliran penyerang pengganti Gomis,  yang masuk menggantikan Bony pada menit 76, melesakkan gol sundulan menyambut umpan silang Montero sekaligus membawa Swansea berbalik unggul 2-1.

Unggul satu gol, Swansea tidak berusaha menurunkan tempo serangan namun secara bersamaan memperkokoh disiplin pertahanan.

Wenger yang berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan penyerang Yaya Sanogo menggantikan Chambers di menit-menit akhir, tidak mendapatkan hasil apapun atas keterlambatannya menambal permainan Chambers yang kerap meninggalkan lubang di sisi kanan pertahanan.

Laga usai dengan kemenangan tuan rumah 2-1 atas Arsenal.


Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir situs uefa.com.

Swansea (4-2-3-1): Lukasz Fabianski (PG); Angel Rangel, Kyle Bartley, Ashley Williams, Neil Taylor; Ki Sung-yeung, Tom Carroll (Leon Britton); Marvin Emnes (Modou Barrow), Gylfi Sigurdsson, Jefferson Montero; Wilfried Bony (Bafetimbi Gomis)
Pelatih: Garry Monk

Arsenal (4-2-3-1): Wojciech Szczesny (PG); Calum Chambers (Yaya Sanogo), Per Mertesacker, Nacho Monreal, Kieran Gibbs; Aaron Ramsey (Theo Walcott), Mathieu Flamini (Jack Wilshere); Alex Oxlade-Chamberlain, Alexis Sanchez, Santiago Cazorla; Danny Welbeck
Pelatih: Arsene Wenger

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014