Makassar (ANTARA News) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berjanji akan merealisasikan proses pengadaan 14 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar)..

"Kota ini semakin berkembang dan dalam perkembangannya itu membutuhkan banyak sarana dan prasarana dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya di Makassar, Senin.

Ramdhan mengatakan, tingginya laju pembangunan Kota Makassar selama beberapa tahun terakhir ini tidak diiringi dengan sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan.

Salah satu infrastruktur pelayanan yang dibutuhkan yakni mobil pemadam kebakaran, apalagi sekitar 27 mobil pemadam kebakaran yang ada saat ini sudah cukup tua.

"Tidak ada pengadaan mobil pemadam kebakaran dalam waktu beberapa tahun terakhir ini, makanya kita akan segera memprogramkannya dan mencoba merealisasikannya karena ini sudah mendesak," katanya.

Danny, sapaan akrab wali kota menyebutkan, tingkat kebakaran yang terjadi di Makassar selama satu tahun terakhir ini meningkat tajam dan hampir tiap hari terjadi kebakaran.

"Tingginya angka kebakaran dan sudah mulai tuanya sejumlah armada pemadam kita, sehingga ini harus segera diadakan. Kami akan melakukan pengadaan 14 unit mobil pemadan kebakaran dan mobil tangki kapasitas 14 ribu liter," terangnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar Imran Samad menyatakan juga akan memaksimalkan pelayanan dengan membentuk Bantuan Laskar Pemadam (Balakar).

Balakar yang dibentuk di 14 kecamatan ini akan mentaktisi kurangnya armada pemadam yang dimilikinya dalam memberikan bantuan pelayanan musibah.

"Saat ini kita hanya punya 27 mobil pemadam siap pakai dan beberapa diantaranya itu sudah tidak maksimal alias tidak berfungsi maksimal," kata Imran Samad.

Ia mengatakan, Kota Makassar sebagai kota metropolitan tidak lepas dari ancaman bahaya kebakaran dan untuk mengantisipasi ancama tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar masih mebutuhkan 67 tambahan armada kebakaran.

Dia mengakui minimnya jumlah armada Damkar itu harus ditaktisi karena berdasarkan rasio pelayanan, satu unit armada harusnya melayani 15 ribu masyarakat, sedangkan jumlah penduduk Kota Makassar sebanyak 1.4 juta jiwa, berarti Damkar membutuhkan total 94 armada.

"Idealnya armada pemadam yang kita miliki itu berdasarkan rasio pelayanan sekitar 94 unit armada dengan jumlah penduduk sekitar 1,4 juta jiwa. Dengan asumsi. 15 ribu untuk satu unit armada," katanya.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014