Kampanye Perjalanan Mainan Ekstrem saksikan peluncuran Superman ke angkasa hingga 39 kilometer dalam pesawat penuh berisi peralatan elektronik

JAKARTA, Indonesia, 10 Nov. 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- RS Components (RS), merek dagang dari Electrocomponents plc (LSE:ECM), distributor global bagi para perekayasa, telah berkolaborasi dengan Mattel melalui komunitas rekayasa elektroniknya DesignSpark untuk mendukung kampanye Perjalanan Mainan Ekstrem. RS telah bekerja sama dengan Rlab, hackspace komunitas yang dijalankan sejawat, pemodel kartu Jude Pullen, dan pebalon altitud tinggi Dave Akerman, untuk mengirim Superman ke angkasa dan kembali lagi dalam kapsul yang khusus dibuat.

Perjalanan Mainan Ekstrem Mattel membawa Tokoh Aksinya menuju lokasi ekstrem dan eksotis di seluruh penjuru dunia. Terinspirasi oleh terjun bebas pemecah rekor Felix Baumgartner dari tepi angkasa tahun 2012, Mattel Italia, bersama dengan La Scatola dei Giocattoli, proyek dukungan bagi pelanggan Mattel, mendekati RS untuk mereplikasi lompatan ini dengan salah satu tokoh aksi Superman-nya.

Sebuah tim pembuat, peretas dan perekayasa di komunitas DesignSpark telah merancang dan membuat kapsul yang dipasang pada balon cuaca. Pesawat ini, yang terisi penuh dengan peralatan elekronik dan komponen cetak 3D yang dirancang untuk misi ini dengan menggunakan perangkat lunak DesignSpark, telah menjelajah ke ketinggian sekitar 39 kilometer di tepi angkasa, di mana kemudian Superman terjun bebas kembali ke Bumi. Kapsul menyertakan Raspberry Pi untuk menangkap data misi, serta unit pelacakan yang khusus dirancang untuk menemukan lokasi Superman dan mengambilnya.

Peluncuran tersebut berlangsung pada tanggal 12 September di Inggris (Ross-on-Wye, Herefordshire). Selama penerbangan, data misi (ketinggian, suhu, cuaca) dikumpulkan bersama dengan foto dan video HD. Superman dan kapsul dipantau melalui koneksi radio dan GPS. Di akhir misi, RS memposting rekaman video dan semua berkas desain, daftar bahan dan catatan desain di bagian DesignShare dari DesignSpark di bawah lisensi sumber terbuka agar orang lain dapat membuatnya sendiri. Selain itu, Mattel dan RS berbagi dengan komunitas mereka sebuah video untuk menunjukkan penerbangan Superman ke angkasa dan kembali lagi: http://www.rs-online.com/designspark/electronics/eng/blog/hack-superman-launch-day

Kapsul angkasa berbobot sekitar 2,5 kilo dan secara perlahan melayang turun menggunakan parasut dengan benturan rendah. Karena suhu dapat anjlok hingga sekitar -60 derajat Centigrade pada altitud tinggi, dan peralatan elektronik cenderung memanas saat dijalankan, mewadahinya dengan saksama di dalam kapsul sangatlah penting. Oleh karena itu, perangkat dan komponen diuji secara saksama terlebih dahulu untuk memastikan dapat tahan terhadap suhu tersebut. Penerbangan biasanya berlangsung beberapa jam, jadi RS bereksperimen dengan baterai untuk memastikan agar tetap aktif selama berlangsungnya misi.

"Proyek ini merupakan demonstrasi atas inovasi kami dalam desain rekayasa, dengan menggunakan sumber daya desain terkemuka industri milik kami, bersama dengan produk seperti Raspberry Pi dan pencetakan 3D, yang dimungkinkan melalui kolaborasi dengan perekayasa terkemuka dan pakar teknologi melalui DesignSpark," ujar Pete Wood, Manajer Komunitas DesignSpark di RS Components. "Ini merupakan eksperimen unik sebab melibatkan pengidentifikasian secara saksama beberapa tantangan yang terkait dengan High Altitude Ballooning (HAB) dan mengembangkan sebuah tim pakar rekayasa yang menghasilkan rencana yang tepat untuk kapsul."

"Saya ingin secara pribadi mengikuti peluncuran kapal angkasa dengan Superman," ujar Andrea Ziella, Asosiat Manajer Pemasaran Digital - Mattel Eropa Tenggara. "Sungguh menarik bagi saya melihat proyek Perjalanan Mainan di Angkasa menjadi kenyataan. Seluruh pengalaman ini terasa seperti kembali ke masa lalu saat saya kecil dan bermimpi pergi ke bulan dengan kapal yang saya buat sendiri! Kami senang bermitra dengan La Scatola dei Giocattoli dan RS Components untuk menciptakan perjalanan unik ini yang mempertunjukkan inovasi dan keahlian teknologi mereka."

Proyek Perjalanan Mainan juga bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar anak-anak dan menginspirasi kreativitas kompetitif dengan melibatkan mereka untuk membuat kapal angkasa sendiri dan memposting desainnya di situs web La Scatola dei Giocattoli: http://www.lascatoladeigiocattoli.it/viaggiodeigiocattoli/.

Untuk informasi lebih lanjut tentang proyek ini, kunjungi blog Pete Wood di: http://www.rs-online.com/designspark/electronics/eng/blog/hack-superman-to-the-edge-of-space-and-back?/designspark/electronics/blog/hack-superman-to-the-edge-of-space-and-back.

Tentang RS Components

RS Components dan Allied Electronics adalah merek dagang dari Electrocomponents plc, distributor global bagi para perekayasa. Dengan operasi di 32 negara, kami menawarkan sekitar 500.000 produk melalui internet, katalog dan di konter perdagangan kepada lebih dari satu juta pelanggan, mengirimkan lebih dari 44.000 paket setiap harinya. Produk kami, yang bersumber dari 2.500 pemasok terkemuka, meliputi semikonduktor, antarhubung, pasif dan elektromekanik, otomatisasi dan kontrol, elektrik, pengujian dan pengukuran, peralatan dan bahan habis pakai.

Electrocomponents tercatat di Bursa Efek London dan pada tahun fiskal lalu yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2014 memiliki pendapatan sebesar GBP1,27 miliar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web www.rs-components.com.

Tentang Mattel

Keluarga perusahaan Mattel (Nasdaq: MAT) merupakan pemimpin dunia di bidang desain, manufaktur dan pemasaran mainan dan produk keluarga. Portofolio Mattel yang terdiri dari merek-merek berpenjualan terbaik antara lain Barbie®, boneka fesyen paling populer yang pernah diproduksi, merek Hot Wheels®, Monster High®, American Girl®, Thomas & Friends® dan Fisher-Price®, termasuk Little People® dan Power Wheels®, merek MEGA®, termasuk MEGA BLOKS® dan RoseArt®, serta berbagai macam lini mainan yang terinspirasi oleh hiburan. Pada tahun 2013, Mattel dinobatkan sebagai salah satu "Perusahaan Paling Beretika di Dunia" oleh Majalah Ethisphere dan pada tahun 2014 menduduki peringkat ke-5 dalam daftar "100 Warga Korporat Terbaik" dari Majalah Corporate Responsibility. Dengan markas seluruh dunia di El Segundo, Calif., perusahaan Mattel mempekerjakan hampir 30.000 orang di 40 negara dan wilayah, dan menjual produk di lebih dari 150 negara. Di Mattel, kami Menciptakan Masa Depan Permainan. Kunjungi kami di www.mattel.com, www.facebook.com/mattel
atau www.twitter.com/mattel

Tentang La Scatola dei Giocattoli

La Scatola dei Giocattoli merupakan proyek yang lahir pada tahun 2013 dengan tujuan untuk memberikan anak-anak, namun terutama orang dewasa, sudut pandang yang berbeda terhadap dunia mainan.

La Scatola dei Giocattoli merupakan dukungan bagi pelanggan Mattel. La Scatola dei Giocattoli menawarkan katalog mainan terkini, yang memberikan kesempatan untuk memilih secara langsung dari rumah, kapan pun sepanjang hari, mainan terbaik, mulai dari yang paling baru hingga mainan klasik, dan memiliki, meskipun melalui ponsel, akses ke acara, berita dan dukungan.

Selain dari katalog, La Scatola dei Giocattoli menawarkan kesempatan untuk membuat Kotak Mainan (Scatole dei Giocattoli), daftar pribadi untuk diasosiasikan dengan anak atau acara tertentu, yang dapat digunakan di dalam toko sebagai dukungan pembelian. Juga ada bagian lain seperti "Kurir Mainan", dengan berita dan pembaruan, "Mainan Datang ke Kota", dengan acara terkini di sekitar Italia, dan "Waktu Saya Kecil" di mana Anda dapat menemukan mainan masa kecil Anda.

RS Components
Tan Soo Chun
Manajer Hubungan Masyarakat - Asia Pasifik
Email: soochun.tan@rs-components.com
Telepon: +65-6391-5745

Edelman Public Relations (Singapura)
Yvette Yeo
Manajer
Email: yvette.yeo@edelman.com
Telepon: +65-6347-2355

Informasi lebih lanjut tersedia melalui tautan berikut ini:

@RSElectronics; @alliedelec; @designsparkRS

RS Components di LinkedIn
http://www.linkedin.com/company/rs-components

RS Components di Weibo
http://e.weibo.com/u/3206377000?type=0

Tautan yang Relevan:

Electrocomponents plc
www.electrocomponents.com

RS Components
www.rs-online.com/

DesignSpark
www.designspark.com

Foto - http://photos.prnasia.com/prnh/20141107/8521405435-a
Foto - http://photos.prnasia.com/prnh/20141107/8521405435-b
Logo - http://www.prnasia.com/sa/2011/05/04/20110504368830.jpg

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014