Beijing (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Truong Tan Sang melakukan pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Tiongkok, Senin.

Dalam pertemuan tersebut kedua kepala negara menyampaikan kesiapannya untuk melanjutkan dan meningkatkan hubungan kerja sama antara kedua belah pihak.

"Kita siap untuk melakukan kerja sama bilateral yang saling menguntungkan rakyat Vietnam dan Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Selaku tuan rumah pertemuan tersebut, Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kehadiran utusan Vietnam dalam acara pelantikannya 20 Oktober lalu.

Sementara itu Presiden Vietnam menyampaikan bahwa Vietnam selalu menganggap Indonesia sebagai sahabat dan berkomitmen untuk terus mendorong kerja sama antara kedua negara.

Pada kesempatan itu ia juga mengundang Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk berkunjung ke Vietnam segera.

Sebelum melakukan pertemuan dengan Presiden Vietnam, Presiden Jokowi yang baru dilantik sekitar tiga pekan lalu telah bertemu dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong dan PM Malaysia Najib Razak seusai pelantikan.

Indonesia, Vietnam, Brunei, Singapura, dan Malaysia tergabung dalam Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bersama dengan Laos, Kamboja, Filipina Thailand, dan Myanmar.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014