Beijing (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan kesepakatan perpanjangan visa bagi warga negara Tiongkok yang bepergian ke Amerika Serikat untuk bekerja atau belajar karena AS ingin berbaikan dengan Tiongkok kendati hubungan kedua perekonomian terbesar di dunia itu mendidih belakangan ini.

"Amerika Serikat menyambut baik kebangkitan Tiongkok yang makmur, damai dan stabil," kata  Obama dalam pidato pada KTT APEC di Beijing.

Obama mendesak Tiongkok untuk membebaskan pasarnya dan rezim mata uangnya yang dikendalikan ketat, menghormati hak asasi manusia dan kebebasan media, saat mengumumkan kesepakatan visa yang disebut seorang pejabat senior pemerintah AS sebagai sebuah kemenangan yang benar-benar besar.

"Kesepakatan ini bisa mengantarkan kepada ratusan ribu lapangan kerja tambahan di AS sampai awal 2020-an," berkat membesarnya pengunjung Tiongkok ke AS. "Kami melihat hal ini sebagai kesepakatan yang sungguh besar bagi perekonomian," kata sang pejabat seperti dikutip AFP.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014