Beijing (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, pihaknya ingin menjadi mitra dalam proses pembaharuan yang diusung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tahu bahwa Presiden Joko Widodo memiliki agenda, dan beramibisi tentang pembaharuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan Amerika Serikat ingin menjadi mitra dalam proses pembaharuan ini," kata Obama di Beijing, Senin.

Menurut Obama, melalui kemitraan komprehensif kedua negara telah menjalin suatu kemitraan yang luar biasa dalam berbagai hal, baik ekonomi, keamanan, dan pembangunan.

Sementara itu, Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut mengapresiasi kehadiran Utusan Presiden AS, yakni Menteri Luar Negeri John Kerry dalam acara pelantikannya pada 20 Oktober 2014.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa kedua negara hendaknya terus meningkatkan kerja sama di masa mendatang terutama di bidang keamanan untuk meningkatkan stabilitas kawasan.

Kedua kepala negara itu melakukan pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Tiongkok, yang mempertemukan pemimpin ekonomi dari 21 anggotanya.

Pada hari ketiga kunjungan kerjanya ke Beijing, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, PM Tiongkok Li Keqiang, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden AS Barack Obama, Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014