Beijing (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengaku selalu melakukan pemeriksaan kualitas udara Beijing setiap hari selama rangkaian pertemuan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) berlangsung.

"Hal pertama yang saya lakukan setiap pagi adalah memeriksa kualitas udara Beijing, berharap bahwa kualitasnya tidak terlalu buruk sehingga para tamu nyaman," kata Xi dalam acara jamuan santap malam di Water Cube, Beijing, Senin (10/11) malam, melalui penerjemah.

Ia mengatakan bahwa kualitas udara di Beijing terus membaik dari waktu ke waktu.

Wajar jika Xi mengkhawatirkan kualitas udara ibu kota Tiongkok tersebut mengingat tingkat polusi udara di Beijing memang terkenal tinggi akibat dari industri yang berkembang pesat di kota itu.

Di saat kondisinya memburuk, warga bahkan diimbau untuk tidak bepergian apabila tidak perlu.

Selain menyampaikan tentang kualitas udara Beijing, Xi juga menuturkan sejarah Water Cube yang dulu merupakan tempat diselenggarakannya cabang olahraga renang sewaktu olimpiade.

Ia juga mengatakan bahwa rakyat Tiongkok menyambut para pemimpin ekonomi APEC laiknya saudara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana menjadi salah satu tamu dalam jamuan santap malam itu.

Dengan menggunakan pakaian nasional Tiongkok berwarna merah bata, Presiden bergabung dengan para pemimpin ekonomi APEC yang lain sebelum Selasa (11/11) memulai "retreat" tingkat pemimpin ekonomi.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014