Jerusalem (ANTARA News) - Dua puluh empat warga Arab Israel, 10 dari mereka anak-anak di bawah umur, muncul di pengadilan Senin atas tuduhan kerusuhan di daerah-daerah Arab Israel utara setelah polisi menembak mati seorang pemuda.

Polisi mengatakan mereka semua telah ditangkap pada Minggu dan diajukan ke pengadilan untuk didengar apakah masa penahanan mereka harus diperpanjang, lapor AFP.

Mereka diduga melakukan pelemparan batu dan pelanggaran ketertiban umum lainnya selama demonstrasi yang telah mengguncang kota utara Kfar Kana, dekat Nazareth, sejak penembakan fatal seorang penduduk berumur 22 tahun pada Sabtu pagi.

Kheir Hamdan ditembak mati setelah ia menyerang sebuah kendaraan polisi saat penegak hukum mencoba untuk menangkap seorang kerabat.

Polisi mengatakan, petugas melepaskan tembakan peringatan sebelum bertujuan langsung ke arahnya ketika hidup mereka terancam. Tetapi kerabat mengatakan Hamdan tewas "akibat tindakan berdarah dingin", dengan gambar CCTV menunjukkan bertentangan dengan versi resminya.

Kematiannya menimbulkan dua hari kerusuhan yang meluas di seluruh kota-kota Arab dan desa-desa di Israel.

Polisi mengatakan para pemuda melemparkan batu ke mobil Israel semalam dekat Taibe, bagian dari konsentrasi kota dan desa-desa Arab sebelah timur laut Tel Aviv, yang diketahui sebagai Segitiga, yang terletak dekat perbatasan dengan Tepi Barat.

Sopir diselamatkan oleh penduduk setempat yang menyeretnya ke tempat yang aman, tetapi mobilnya habis terbakar, kata polisi.

Dalam insiden terpisah dekat Fureidis, dekat dengan kota pelabuhan utara Haifa, sebuah bom pipa rakitan dilemparkan ke arah polisi, namun tidak meledak, kata polisi.

Satu penyelidikan sedang berlangsung. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014