Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Ketenagakerjaan akan membuka pusat layanan pengaduan masalah ketenagakerjaan.

"Pengaduan ketenagakerjaan menjadi salah satu prioritas saya karena memang banyak persoalan yang tidak bisa hanya didengarkan saja tapi harus ditindaklanjuti," kata Menteri Ketenagakerjaan Muh Hanif Dhakiri di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa.

Layanan pengaduan yang saat ini masih terpisah-pisah di setiap direktorat jenderal kedepannya akan dipadukan.

"Kita akan bangun mekanisme pengaduan yang sifatnya tidak parsial atau terpisah satu sama lain. Kita akan coba mengintegrasikan pengelolaan pengaduan masyarakat itu sekaligus membuatnya online agar pemerintahan ini menjadi semakin responsif," ujarnya.

Hanif mengatakan nantinya mekanisme pengaduan ketenagakerjaan akan dikonsolidasikan dengan seluruh unit yang ada supaya permasalahan ketenagakerjaan satu per satu bisa diselesaikan.

"Kita tahu bahwa persoalan ketenagakerjaan ini banyak dan luas. Oleh karena itu maka perlu dibentuk kelembagaan yang terkait dengan pengaduan dan pelayanan ketenagakerjaan," tuturnya.

Ia juga meminta seluruh sistem layanan daring di Kementerian Ketenagakerjaan dihubungkan dengan lembaga atau pemangku kepentingan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kementeriannya.

"Pembuatan sistem online yang terkait dengan tata kelola kementerian ini menjadi visi dari pemerintah yang tentunya harus diwujudkan dalam seluruh kinerja. Terkait dengan soal itu kami akan meminta saran-saran dari Kemenpan terkait dengan implementasi dari e-governments," katanya.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014