Target kami tujuh emas dan tujuh perak. Target ini didasarkan dari penilaian hasil latihan yang selama ini digelar,"
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Indonesia bertekad meraih hasil maksimal pada ajang Asian Beach Games 2014 di Phuket, Thailand, 14-23 November, dengan mengandalkan lima cabang olahraga unggulan.

Ketua Kontingen Indonesia Mudai Maddang di Jakarta, Selasa, mengatakan lima cabang olahraga yang menjadi andalan untuk mengumpulkan pundi-pundi medali adalah jet ski, ski air, panjat tebing, binaraga, dan paralayang.

"Target kami tujuh emas dan tujuh perak. Target ini didasarkan dari penilaian hasil latihan yang selama ini digelar," kata Mudai Maddang usai pengukuhan dan pelepasan Kontingen Indonesia di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Target yang dibebankan ini, kata dia, merupakan acuan utama. Hanya saja, pihaknya berharap cabang olahraga lain di luar lima cabang andalan bisa meraih hasil maksimal, bahkan mampu membuat kejutan dengan meraih medali emas.

Cabang olahraga lain yang diharapkan bisa menyodok ke papan atas antara lain voli pantai, pentanque, selancar angin, dan woodball.

"Semoga cabang olahraga lain bisa lebih berprestasi. Kami ingin semuanya total dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya," katanya, menambahkan.

Pada ABG ke-4 tahun ini, Kontingen Indonesia berkekuatan sebanyak 104 atlet yang akan berlaga di 17 cabang olahraga. Pada kejuaraan dua tahunan ini, Indonesai bertekad terus memperbaiki posisinya pada klasemen.

Dua tahun lalu di Haiyang, Tiongkok, Kontingen Merah Putih berada di posisi keempat dengan meraih enam medali emas, enam perak dan empat perunggu.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengharapkan atlet Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih pada kejuaraan internasional itu, karena persiapan yang dilakukan sebelum turun di ABG cukup bagus.

"Kami berharap duta bangsa ini bisa meraih hasil terbaik dan mampu mengibarkan bendera Merah Putih pada kejuaraan besar ini," katanya di sela pengukuhan dan pelepasan kontingen ABG.

Acara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia juga dihadiri Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo, Ketua Satlak Prima Suwarno dan perwakilan pengurus besar cabang olahraga.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014