Kementerian bisa membentuk panitia seleksi yang beranggotakan 5-9 orang dari unsur kementerian terkait, Kemenpan RB, dan akademisi yang lebih pintar dari peserta lelang. Lalu, diumumkan secara terbuka di internet, koran agar semua orang tahu,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Menteri ESDM Sudirman Said membicarakan lelang jabatan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM.

Usai menemui Sudirman di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Selasa, Yuddy mengatakan, lelang jabatan sudah diatur dalam UU No 5 Tahun 2014 dan aturan Menpan RB.

"Kementerian bisa membentuk panitia seleksi yang beranggotakan 5-9 orang dari unsur kementerian terkait, Kemenpan RB, dan akademisi yang lebih pintar dari peserta lelang. Lalu, diumumkan secara terbuka di internet, koran agar semua orang tahu," katanya.

Menurut dia, peserta adalah PNS yang memenuhi golongan administrasi kepangkatan pada posisi lelang.

"Untuk eselon satu berarti harus golongan 4b," katanya.

Sesuai aturan, lanjutnya, lelang jabatan bisa berlaku sampai jabatan eselon dua.

Yuddy menambahkan, kedatangannya menemui Sudirman juga menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk mempercepat dan mempermudah kementerian menata organisasinya.

"Sebagai pembantu, saya hanya menjalankan perintah Presiden untuk proaktif," ujarnya.

Sementara, Sudirman mengatakan, kedatangan Yuddy menambah keyakinannya untuk melelang jabatan pejabat Kementerian ESDM.

"Dengan Menpan datang dan jemput bola seperti ini, saya makin yakin dengan rencana lelang jabatan," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya akan segera melelang jabatan yang diperlukan dengan membentuk panitia seleksi.

Rencana lelang jabatan tersebut, merupakan upaya Menteri ESDM membangun kembali kepercayaan masyarakat kepada kementeriannya.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014