Tahun 2013, dari sejumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan job fair, sebanyak 400 lowongan pekerjaan tidak terisi karena para pelamar tidak dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan,"
Mataram (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengatakan sekitar 400 peluang kerja pada pameran bursa kerja 2013 di daerahnya tidak terisi karena peminat tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

"Tahun 2013, dari sejumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan job fair, sebanyak 400 lowongan pekerjaan tidak terisi karena para pelamar tidak dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan," kata Gubernur Zainul Majdi saat membuka pameran bursa kerja "Job Fair NTB" di Mataram, Selasa.

Gubernur mengatakan, beberapa lowongan pekerjaan di sejumlah perusahaan tidak terisi, dikarenakan para pelamar atau para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi, serta lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di daerah itu, tidak memenuhi persyaratan yang dibutuhkan perusahaan.

Karenanya, kata dia, akibat tidak terisinya lowongan pekerjaan itu, tidak heran bursa kerja di daerah ini selalu dipenuhi para pencari kerja yang berasal dari luar NTB.

Untuk memenuhi bursa kerja di daerah ini, dirinya berpesan agar sejumlah perguruan tinggi di NTB dapat membuka jurusan sesuai keinginan dan kebutuhan perusahaan, sehingga para mahasiswa lulusannya dapat mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia.

Termasuk, para calon pencari kerja diharapkan menyiapkan diri untuk peluang-peluang pekerjaan yang ada sejak di bangku sekolah dan kuliah, sehingga dapat memperkecil ketidaksesuaian tersebut.

Kegiatan yang dibuka Gubernur NTB TGH Zainul Majdi itu, dihadiri ratusan pencari kerja yang berasal dari Kota Mataram.

Gubernur mengakui terlaksananya kegiatan pameran bursa kerja sangat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan di daerah itu.

"Sebagaimana kita ketahui masalah ketenagakerjaan ini merupakan isu yang harus diselesaikan pemerintah. Mengingat, jumlah angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia masih sangat terbatas. Karenannya, kegiatan ini sangat bagus dalam membatu pemerintah daerah mengatasi persoalan tersebut," katanya.

Oleh karena itu, gubernur menambahkan, pelaksanaan Job Fair seperti saat ini adalah bentuk fasilitas nyata yang diberikan pemerintah daerah dalam memberikan ruang kepada para lulusan dari lembaga pendidikan yang ada di daerah itu untuk mendapatkan pekerjaan.

Sebab, tahun 2014 terdapat 26 perusahaan yang memiliki sekitar 1.500 lowongan pekerjaan.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014