Nay Pyi Taw, Myanmar (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar U Thein Sein di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-25 di Nay Pyi Taw, Myanmar, Rabu.

Dalam pertemuan bilateral kali ini Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menlu Retno L.P. Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil serta Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Thein Sein memberikan selamat atas terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI ke-7 menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, Thein Sein juga menyatakan terima kasih atas kehadiran Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN ke 25 di Myanmar.

"Myanmar dan Indonesia telah memiliki hubungan bilateral yang baik dan Indonesia telah memberikan dukungan yang besar bagi Myanmar di dalam kawasan regional dan internasional. Kami berharap Indonesia akan terus mendukung Myanmar," ujar Thein Sein.

Pertemuan kedua kepala negara tersebut merupakan agenda di sela-sela KTT ASEAN kali ini yang mengusung tema "Moving Forward In Unity To a Peacefull and Prosperious Community" atau Melangkah Maju Dalam Sebuah Komunitas Yang Damai dan Makmur.

KTT ASEAN kali ini merupakan debut perdana Joko Widodo semenjak dirinya menjabat sebagai Presiden .

Presiden Joko Widowo sebelumnya menghadiri KTT APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) di Beijing, Tiongkok pada 10-11 November 2014.

Selepas menghadiri KTT ASEAN yang kemudian dilanjutkan dengan KTT Asia Timur di Nay Pyi Taw, Myanmar, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan untuk menghadiri KTT G20 di Brisbane, Australia pada 15-16 November mendatang.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014