...dua kali dan sejauh ini tidak ada masalah"
Jakarta (ANTARA News) - Meskipun perbaikan rel ditargetkan baru selesai Novemer ini, PT Kereta Api Indonesia sudah menguji coba perjalanan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Tanjung Priok ke Stasiun Kota dan sebaliknya.

"Kami telah menguji coba KRL dua kali dan sejauh ini tidak ada masalah," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional I Agus Komarudin di Jakarta, Rabu.

Secara umum, kata dia, persoalan sarana untuk KRL yang akan melintasi Stasiun Kota, Stasiun Kampung Bandan Atas, Stasiun Ancol dan Stasiun Tanjung Priok tersebut sudah siap dan tinggal menjalankan .

"Sekarang tinggal pembenahan insfrastruktur, khususnya rel yang masih ada perbaikan. Setelah semua siap akan dioperasikan," katanya.

Ia mengatakan, pembenahan insfrastruktur merupakan wewenang Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan teknis perjalanan sedang dibahas PT KAI Commuter Jabodetabek.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan jadwal pengoperasian KRL Priok ke Kota karena masih menunggu pembahasan lebih lanjut dari sejumlah pihak terkait.

"Rencananya dulu Oktober, kemudian mundur November, dan sekarang belum siap keseluruhan. Tapi yang jelas akan dioperasikan dan KAI siap kapan saja," katanya.

Agus menjelaskan, pengoperasian KRL di sana untuk mengurai kemacetan dan kepadatan di jalan.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mengaku mendapat masukan dan keluhan dari masyarakat yang menginginkan jalur Kota ke Priok dan sebaliknya kembali dioperasikan.

"Ini juga untuk mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi umum, khususnya kereta api," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014