Samarinda (ANTARA News) - Buah naga dan pepaya mini asal Kalimantan Timur menjadi favorit bagi masyarakat yang mengunjungi Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) 2014 yang digelar Kementerian Pertanian di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pada ajang nasional tahunan buah-buahan yang kita tampilkan banyak. Namun ada dua jenis buah yang menjadi favorit dan diserbu masyarakat yaitu buah naga dan pepaya mini," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim di Samarinda Rabu.

Menurut dia pengunjung banyak yang datang ke stand promosi Kaltim yang menampilkan berbagai produk tanaman pangan dan hortikultura, karena keunikan dan cita rasanya yang disukai pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim menampilkan berbagai produk hortikultura unggulan yang telah dikembangkan, diantaranya buah naga, pepaya mini, jeruk keprok borneo, salak serta berbagai bibit buah eksotik seperti lai, durian Salisun, Ligit serta bunga mawar.

Ibrahim menjelaskan buah naga mendapatkan perhatian besa  dari Carefour Kota Batam yang menginginkan komoditi itu walau berapapun di produksi petani yang saat ini terbanyak di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dikirim ke kota tersebut.

"Menurut para pengelola Carefoeur Batam buah naga Kaltim memiliki keunggulan dari segi rasa maupun tampilan. Pengusaha itu mengharapkan asosiasi atau petani buah naga Kaltim mengirimkan buahnya ke Batam," kata Ibrahim.

Ajang pertemuan di P2FN dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan momen yang penting dan strategis untuk promosi potensi daerah. Bukan hanya produknya, tetapi pelaku utama yaitu petani dan asosiasi, kita hadirkan langsung," ujarnya.

Pada ajang promosi produk itu para pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis terutama produk hortikultura dari seluruh penjuru Indonesia dan beberapa negara bertemu dan bertransaksi langsung secara mandiri maupun kelompok untuk produk yang dihasilkan.

Berbagai kegiatan yang digelar yakni pameran, jambore varietas, bursa, aneka lomba, kursus, workshop, seminar, talkshow, perizinan terpadu, kontak bisnis, temu investasi, agrowisata dan pawai kendaraan hias yang dimeriahkan kesenian tradisional.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014