Magelang (ANTARA News) - Sejumlah pelari berasal dari 21 negara ikut meramaikan Borobudur International 10K pada Minggu (16/11) di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Borobudur Internasional 10K Budi Cahyadi di Magelang, Rabu, mengatakan hingga saat ini tercatat 15.166 pelari baik dalam negeri maupun luar negeri telah mendaftar.

Ia mengatakan kegiatan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia itu, merupakan salah satu program Visit Jateng 2014, yakni pengembangan "sport tourism" Jawa Tengah.

"Di ajang Borobudur International 10K tahun ini, Pemprov Jateng menyiapkan total hadiah senilai Rp753 juta dan beragam door prize menarik," katanya.

Ia menyebutkan Borobudur International 10K tahun ini memperebutkan empat kategori gelar juara, yakni kategori internasional putra dan putri dengan total hadiah Rp310 juta, kategori nasional putra dan putri hadiah senilai Rp200 juta, kategori master 40 tahun ke atas putra dan putri dengan hadiah senilai Rp65 juta.

Selain itu, kategori pelajar putra dan putri dengan total hadiah senilai Rp91 juta dan kategori umum putra dan putri dengan hadiah Rp91 juta, serta ketegori umum putra dan putri dengan total hadiah senilai Rp87 juta.

Ia mengatakan lomba lari 10 kilometer tersebut mengambil rute di kawasan desa sekitar Candi Borobudur sehingga peserta akan dimanja dengan keindahan alam dan kemegahan Candi Borobudur.

"Start akan dilakukan pukul 06.30 WIB di depan Pendopo Kabupaten Magelang dan finish di pelataran Candi Borobudur," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014