Untuk menciptakan grand master catur kunci utamanya tentu harus rutin melibatkan atlet dalam sejumlah kejuaraan.
Makassar (ANTARA News)- Timnas catur Indonesia menyiapkan diri menghadapi dua kejuaraan terbuka yakni di Johor (29 November 2014) serta Penang Malaysia, pada 7--17 Desember 2014.

Wakil Ketua Umum PB Percasi Rusdi Tahir di Makassar, Kamis, mengatakan keterlibatan duta catur Indonesia pada dua kejuaraan itu sebagai upaya menciptakan grand master yang dapat mengharumkan nama negara ke depannya.

"Untuk menciptakan grand master catur kunci utamanya tentu harus rutin melibatkan atlet dalam sejumlah kejuaraan. Ini sesuai komitmen PB Percasi dalam meningkatkan kualitas para pecatur Indonesia," katanya.

Pada pelaksanaan kejuaraan tersebut, kata dia, Indonesia tidak hanya diwakili atlet pelatnas namun juga para pecatur profesional. Hal itu dikarenakan status kejuaraan yang sifatnya terbuka sehingga bisa tampil secara individu.

Menurut dia, pada pecatur profesional biasanya banyak yang ikut karena tergiur dengan hadiah yang diperebutkan. Hal itu, menurut dia, bukan masalah karena atlet yang bersangkutan tetap akan membawa nama Indonesia di kejuaraan tersebut.

Terkait persoalan dana, pihaknya mengaku tidak masalah. Apalagi Ketua Umum PB Percasi Hashim S. Djojohadikusumo, sejak awal juga begitu besar perhatiannya terhadap pembinaan dan peningkatan prestasi catur di Indonesia.

"Khusus untuk atlet pelatnas semuanya akan ditanggung PB Percasi. Ketua PB Percasi memang selalu rutin mengeluarkan puluhan miliar demi peningkatan prestasi catur Indonesia. Intinya soal anggaran tidak ada masalah," jelasnya.

Sementara terkait pelaksanaan kejuaraan nasional catur di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulsel, 12--22 November 2014, pihaknya berharap bisa turut melahirkan bibit baru yang bisa memperkuat timnas Indonesia di ajang internasional.

PB Percasi juga mengapresiasi penyelenggaraan kejurnas Makassar karena diikuti 34 provinsi atau seluruh wilayah di Indonesia.

"Lokasi pelaksanaannya juga merupakan salah satu yang terbaik. Kami juga menagpresiasi komitmen Pengprov Percasi Sulsel dalam upayanya menyukseskan kejurnas ke -44 ini," ujarnya.
(*)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014