Bogor (ANTARA News) - Setelah diguyur hujan sejak pukul 13.00 WIB, ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis malam, kembali meningkat menjadi siaga empat banjir.

Menurut Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman ketinggian air terpantau mulai dari dari pukul 17.05 WIB di level 50 cm.

"Pukul 17.30 WIB ketinggi meningkat 70 cm, jadi siaga empat banjir," kata Andi.

Andi menyebutkan ketinggian air 70 bertahan sampai pukul 18.02 WIB. "Pukul 19.49 air turun menjadi 60 cm dan bertahan," kata Andi.

Hujan turun di wilayah Bogor sejak pukul 13.00 WIB. Sudah sepekan terakhir Bogor kerap diguyur hujan setiap petang hingga malam hari.

Sementara itu, ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sudah tiga kali mengalami kenaikan.

Kenaikan tertinggi 80 cm terjadi Senin (10/11) kemarin. Lalu kembali naik Rabu kemarin di level 50 cm.

"Selama musim hujan kami mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan air secara tiba-tiba," kata Andi.

Andi menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan permukaan air di Sungai Ciliwung.

Hingga berita ini diturunkan, hujan di kawasan Bogor telah reda. Diprediksi tidak ada penambahan ketinggian apabila hujan tidak kembali turun di kawasan Puncak.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014