Expo yang rencananya akan dilangsungkan dari 15 - 21 November 2014 akan memamerkan berbagai batu mulia di Malut, bahkan dari daerah-daerah lainnya di Indonesia,"
Ternate (ANTARA News) = Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), meriahkan Hari Jadi Ternate (HJT) ke-764, akan menggandeng komunitas batu mulia, melaksanakan expo batu mulia di eks kantor Gubernur Malut.

"Expo yang rencananya akan dilangsungkan dari 15 - 21 November 2014 akan memamerkan berbagai batu mulia di Malut, bahkan dari daerah-daerah lainnya di Indonesia," kata Kepala Disperindag Kota Ternate, M Arif Gani di Ternate, Kamis.

Ia mengemukakan, kegiatan expo batu mulia yang akan diselenggarakan pada akhir pekan nanti, merupakan rangkaian acara Hari Jadi Ternate ke-764 tahun 2014.

Menurut dia, para peserta expo merupakan para kolektor dan para pelaku usaha kecil menengah di wilayah Maluku Utara, karena pesertanya bukan hanya dari Ternate namun dari Halut, Bacan serta daerah lain di Maluku Utara bahkan dari daerah lainnya di luar Malut juga akan diundang.

Expo sendiri selain memamerkan batu-batu mulia, juga ada pelelangan dan pertunjukan seni budaya, jadi nanti ada tiga item kegiatan dalam expo tersebut, yakni, pameran batu mulia, kemudian pelelangan yang diikuti oleh peserta expo serta pertunjukan seni budaya Maluku Utara.

M Arif menambahkan, tujuan pelaksanaan expo, antara lain, memberikan medium kepada para kolektor batu mulia sekaligus merupakan ajang pembinaan bagi pengrajin batu serta mendongkrak pendapatan dan menghadapi MEA 2015 mendatang.

Sehingga saat pemberlakuan MEA, para pelaku usaha sudah siap bersaing dengan produk-produk dari luar, bahkan sampai saat ini, tidak kurang dari 20 peserta sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti expo batu mulia dan tempatnya terbatas jadi sekarang sudah ada 20 peserta, sedangkan kita hanya menyiapkan 30 tenda untuk peserta.

"Jadi bagi peserta yang belum mendaftar, bisa menghubungi Kantor Disperindag di kawasan lapangan Kayu Merah," katanya. 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014