Sulit karena era itu, enam tahun lalu, sangat spesial dan banyak pemain bagus
Spanyol (ANTARA News) - Sergio Busquets dan Pedro tidak memperhitungkan Barcelona atau Spanyol kembali ke puncak untuk mendominasi dunia sepak bola.

Barca dianggap menjadi klub terbaik dunia selama masa Pep Guadiola memimpin, yang berlangsung dari 2008 sampai 2012, sementara tim nasional Spanyol memenangi Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Namun, dengan banyaknya pemain kunci dari keduanya pensiun atau memasuki masa akhir karir, era emas tim tampaknya telah berlalu.

Busquets yang memenangi dua gelar Liga Champions dengan Barca begitu juga Piala Dunia dan Euro 2012 dengan La Roja, mengaku sisa pemain dari kedua tim tidak bisa menggantikan pendulunya.

"Sepak bola berkembang," katanya. "Tidak mungkin sepak bola tetap sama. Kita tidak akan melihat penampilan Barca yang terbaik, begitu juga dengan tim nasional."

Sementara Vicente del Bosque yang bertanggung jawab atas Spanyol setelah sukses di Euro 2008, tetap dipertahankan di timnas,  Barca sudah memasuki pelatih ketiga setelah Guardiola keluar pada 2012.

Busquets percaya Luis Enrique memiliki kesamaan dengan pelatih Bayern Muenchen itu, tetapi ia mengatakan Guardiola --yang melatih gelandang itu di tim Barca B sebelum mempromosikannya ke tim utama-- superior.

"Luis Enrique dan Guardiola sangat mirip. Keduanya terlihat hampir sama meski Luis Enrique lebih serius," katanya.

"Guardiola memberikan debut pertama saya. Dia tergila-gila pada sepak bola. Saya akan selalu berterima kasih. Dia akan menjadi pelatih terbaik yang pernah saya miliki dalam karir saya."

Pemain 26 tahun itu mengaku tidak menikmati penampilan terbaiknya pada level personal.

Di masa Enrique, dia berkata, "Kami memulainya dengan baik dan segalanya terlihat akan berjalan dengan baik. Dia pelatih baru dan kami harus menyesuaikan diri dengannya. Kini kami kurang begitu baik, tetapi tidak seburuk yang dikatakan orang lain."

Pedro yang juga bermain bersama Busquets untuk klub dan negara yang sama setuju dengan rekan setimnya, kembali ke masa kejayaan itu tidak mungkin.

"Sulit karena era itu, enam tahun lalu, sangat spesial dan banyak pemain bagus," katanya.

"Seperti yang Sergio katakan, akan sulit untuk mengulangi tahun-tahun itu ketika kami memiliki begitu banyak keberhasilan, meski Barca dan Spanyol memiliki kualitas pemain yang memadai dalam skuat mereka yang saat ini mencoba mencapai itu. Itu yang harus kami lakukan," tambahnya lagi seperti dikutip di espnfc.com.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014