Kami tidak memerlukan empat pemain bertahan di lini belakang. Kami memerlukan pemain yang mampu tampil garang di depan untuk menjebol gawang lawan
Nuremberg (ANTARA News) - Duel antara timns Jerman melawan timnas Gibraltar layaknya dua kekuatan yang kontras, antara bumi dan langit.

Terkesan tidak berimbang, lantaran Die Mannschaft begitu digdaya mengoleksi sejumlah gelar bergengsi, sementara lawannya belum juga mencetak gol, justru kebobolan 17 gol ketika berjuang di ajang sepak bola Eropa.

Jerman akan ditantang Gibraltar dalam laga keempat Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016 yang akan diadakan di Grundig Stadion, Nuremberg pada Jumat waktu setempat, atau Sabtu dini hari, pukul  02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh RCTI.

Jerman mengoleksi predikat sebagai empat kali juara dunia dan tiga gelar piala Eropa, sementara Gibraltar belum apa-apa di percaturan sepak bola di benua Biru. Gibraltar baru berusia setahun berkiprah di UEFA.

Apakah Jerman mampu melumat Gibraltar dengan skor besar? Asisten pelatih timnas Jerman, Thomas Schneider mencetuskan tekad bahwa pertandingan melawan Gibraltar merupakan "laga hidup mati" mengingat Podolski dan kawan-kawan menuai hasil negatif.

Skuad der Panser kini berada di posisi ketiga dengan mengemas nilai empat setelah menjalani tiga laga. Satu kemenangan, dua kekalahan, dan sekali imbang lantas menyimpulkan bahwa Jerman sedang berada di persimpangan jalan.

Menang 2-1 atas Skotlandia, kalah 0-2 ketika menghadapi Polandia, dan skuad asuhan pelatih Joachim Loew itu justru bermain imbang 1-1 ketika menjamu Republik Irlandia.

Publik Jerman dilanda tanya. Apakah gawang Gibraltar bakal menjadi lumbung gol? Bakal tampil dengan skema 4-2-3-1, Loew menginstruksikan kepada barisan penyerangnya untuk tiada habis menggelontorkan serangan ke barisan pertahanan Gibraltar yang besar kemungkinan turun  dengan format 4-5-1.

"Laga melawan Gibraltar merupakan laga hidup mati," kata Schneider. "Kami bakal tampil sebaik mungkin ketika melawan mereka." Pernyataan ini mengindikasikan bahwa timnas Jerman dipastikan tampil lebih atraktif dengan memeragakan serangan bertubi-tubi.

"Kami berusaha fokus kepada laga melawan Gibraltar. Kami tidak akan lengah sedikit pun dalam pertandingan nanti."

Jerman di bawah asuhan Loew meraup kemenangan 13-0 ketika melawan San Marino pada 2006. Banyak yang berharap bahwa timnas Jerman menjebol gawang Gibraltar dengan banyak gol.

Komentar dua pelatih:

* Joachim Loew (Jerman):
"Kami tentu tidak puas (dengan hasil pertandingan) kali lalu. Hal serupa juga dirasakan oleh seluruh anggota tim. Ini karena kami terlalu sedikit memperoleh poin dari sejumlha pertandingan lalu."

"Ada begitu banyak pemain bertipe penyerang hadir di lapangan. Kami tidak memerlukan empat pemain bertahan di lini belakang. Kami memerlukan pemain yang mampu tampil garang di depan untuk menjebol gawang lawan."

* Allen Bula (Gibraltar):
"Kami bermain melawan juara dunia. Bagi saya, pertandingan ini layaknya mimpi menjadi kenyataan. Mereka kini berada di peringkat atas sepak bola dunia, sementara kami masih terpaut jauh jika dibandingkan dengan kekuatan mereka."

Prakiraan susunan pemain:

* Jerman (4-2-3-1):

Neuer (penjaga gawang), Rudiger, Howedes, Boateng, Durni, Khedira, Kroos, Podolski, Bellarabi, Goetze, Mueller
Pemain cadangan:
Roman Weidenfeller, Jerome Boateng, Sebastian Rudy, Lars Bender, Christoph Kramer, Kevin Volland, Max Kruse

* Gibraltar (4-5-1):
Jordan Perez, David Arteli, Jack Sergeant, Jake Gosling, Aaaron Payas, Anthony Bardon, Adam Priestley

Wasit: Alexandru Tudor
 
Lima laga terakhir:
(D=imbang, L=kalah, W=menang)


*Jerman: D L W L W

10/14/14  Jerman   1 - 1  Republik Irlandia
10/11/14  Polandia  2 - 0  Jerman
 9/7/14    Jerman  2 - 1   Skotlandia
9/ 3/14    Jerman  2 - 4   Argentina
7/13/14   Jerman  1 - 0   Argentina

* Gibraltar :  L  L  L W D

10/14/14   Gibraltar  0 - 3 Georgia
 10/11/14  Republik Irlandia 7 - 0 Gibraltar
 9/7/14  Gibraltar  0 - 7 Polandia
 6/4/14  Gibraltar  1 - 0 Malta
 5/26/14 Estonia 1 - 1 Gibraltar

Predikisi hasil laga (Goal.com):
* Jerman  4 - 0 Gibraltar
* Jerman  3 - 0 Gibraltar
* Jerman  0 - 4 Gibraltar

Prediksi jalannya laga:

* Terbakar oleh tekad meraih kemenangan, Loew jelas-jelas bakal mengomando anak asuhannya untuk tampil menyerang dengan menampilkan mesin gol Bayern Muenchen Thomas Mueller sebagai striker murni. Ia didampingi oleh pemain Muenchen Gladbach Max Kruse dan pemain Hoffenheim, Kevin Volland.

*Mueller memag lebih afdhol diturunkan dengan didampingi satu striker lainnya. Sementara bintang Dortmund Marco Reus bisa jadi merangsek dari sayap kiri, meski pekan ini mengalami cedera ligamen sebagaimana ditulis oleh situs Guardian pada pekan ini.

* Laga melawan Gibraltar ini merupakan unjuk kebolehan dari pemain Chelsea Andre Schurrle yang menempati posisi kiri, sedangkan pemain Bayer Leverkusen Karim Bellarabi bahu membahu mengisi sisi kanan. Dengan begitu, timnas Jerman menggunakan tiga penyerang di lini depan.

* Lini pertahanan Gibraltar dipaksa bekerja lebih keras untuk menahan laju serangan Jerman. Untuk membuka peluang, pasukan asuhan Bula membidik kelengahan barisan pertahanan Jerman dengan memanfaatkan serangan balik yang cepat. Hanya saja, penjaga gawang Neuer bukan penjaga gawang yang mudah ditaklukkan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Jerman: 4
* Gibraltar: 0

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014