Jakarta (ANTARA News) - Bertanding melawan Timnas Suriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (15/11) menjadi ujian terakhir bagi Timnas Indonesia sebelum turun di kejuaraan Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam, 22 November.

Pertandingan yang akan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional, kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal di Jakarta, Jumat, juga akan dijadikan sebagai media pemantapan formasi serta penentuan pemain yang akan dibawa ke kejuaraan dua tahunan itu.

"Ada beberapa posisi yang belum terisi. Makanya. kami berharap pada pertandingan uji coba terakhir ini bisa mendapatkan pemain yang tepat termasuk dalam membangun kerangka tim," kata Wolfgang Pikal.

Pada pertandingan persahabatan internasional itu, kata dia, pihaknya berharap semua pemain yang diturunkan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi, setelah pertandingan melawan Suriah ini akan ada tiga pemain yang dicoret alias tidak akan dibawa ke Hanoi, Vietnam.

Meski demikian, kata pria asal Austria itu, semua pemain yang diturunkan harus tetap waspada agar terhindar dari cedera. Saat ini sedikitnya ada tiga pemain yang kondisinya belum maksimal akibat cedera yaitu Supardi, Victor Igbonefo dan Irfan Bachdim.

"Ketiga pemain ini tidak akan kami turunkan. Mereka harus terus menjalani perawatan agar cederanya cepat sembuh. Masih ada waktu," kata Pikal menegaskan.

Khusus untuk Supardi, cedera yang dialami pemain Persib Bandung ini terjadi saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/11). Pemain dengan posisi bek sayap ini mengalami cedera bagian betis. Kondisi ini jelas cukup memrihatinkan karena stok pemain belakang timnas minim.

"Kami akan menunggu kondisi Supardi hingga Minggu (16/11). Kalau tidak ada perubahan, kami akan memanggil pemain lain," kata Pikal menegaskan.

Jika cedera Supardi tidak sembuh sesuai dengan waktu yang ditetapkan, kemungkin besar pelatih Alfred Riedl akan memanggil pemain yang namanya sudah didaftarkan ke AFF beberapa waktu lalu. Pemain dengan posisi yang sama dengan Supardi di antaranya rekan satu timnya di Persib Bandung yaitu Tony Sucipto dan pemain Persipura Jayapura, Ruben Sanadi.

Meski mengalami kendala, Wolfgang Pikal minta kepada pemain untuk memberikan yang terbaik saat menghapi Suriah. Melawan Suriah selain untuk menantapkan kerangka timnas juga akan dijadikan motivasi guna menghadapi pertandingan pertama Piala AFF 2014 melawan tuan rumah Vietnam.

Sementara itu, pelatih Suriah Muhamad Al Fakeer mengaku akan memberikan perlawanan saat menghadapi tuan rumah Indonesia. Apalagi anak asuhnya dalam motivasi tinggi setelah mampu mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor telak 3-0.

"Menang melawan Malaysia meningkatkan rasa percaya diri pemain. Ini modal yang bagus untuk menghadapi Indonesia. Yang jelas, salah satu tujuan kami ke sini adalah untuk memperbaiki peringkat FIFA," katanya.

Saat ini, Timnas Suriah berada di posisi 151. Posisi ini lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia berada di posisi 157. Meski demikian, pelatih Muhamad Al Fakeer mengaku akan tetap mewaspadai permainan Timnas Indonesia.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014