Taitung (ANTARA News) - Peselancar asal Jawa Barat (Jabar) Dede Suryana berhasil menjuarai ajang Asian Surfing Championship (ASC) di Jinzun Harbour, Taitung, Taiwan, Sabtu.

"Saya sangat senang meraih gelar ini. Tahun ini menjadi yang terbaik bagi saya sehingga saya memiliki gelar lagi," katanya seusai menerima trofi kemenangan.

Dede terakhir kali meraih gelar ASC pada 2008 dalam kejuaraan di Indonesia.

"Terima kasih kepada teman-teman di sini. Terima kasih juga kepada istri dan bayi perempuan saya karena saya masih bisa bersaing meskipun tanpa sponsor," ujarnya.

Sayangnya langkah Dede tidak diikuti oleh peselancar asal Indonesia lainnya yang ikut ambil bagian dalam kejuaraan selancar tingkat Asia di perairan Laut Pasifik itu.

Garut Widiarta yang menjadi harapan bagi Indonesia harus mengakui keunggulan peselancar asal Australia Jordan Lawler dalam kejuaraan di pantai wilayah timur Taiwan itu.

Kemenangan Dede diperoleh pada menit-menit akhir setelah berhasil menaklukkan gelombang tunggal dengan skor 7,90 untuk mendahului Widiarta dan pesaing lainnya.

"Saya tidak menyangka dia (Dede) mendapatkan skor itu. Tetapi saya senang teman-teman di Taiwan bisa memenangi kejuaraan ini," kata Widiarta.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014