Jakarta (ANTARA News) - Pameran mainan diecast, Indonesia Diecast Expo (IDE) 2014 yang digelar hari ini bagi sebagian kolektor menjadi ajang memamerkan koleksi mainan diecast hasil buruannya untuk pertama kali.

Salah satunya, Wawan Antariksawan. Wawan yang mengaku pecinta mobil mainan diecast produksi Mattel, Hot Wheels, telah sejak 2007 lalu memburu edisi Treasure Hunt (T-Hunt). Kini dia dengan bangga memamerkan koleksi buruannya mulai dari T-Hunt keluaran 1995 hingga keluaran 2012. 

"Varian Hot Wheels itu banyak. Tapi dari sekian banyak itu, saya lebih suka yang Treasure Hunt," kata dia kepada ANTARA News di Jakarta, Sabtu (15/11). 

Wawan mengatakan, T-Hunt dikeluarkan sejak 1995. Saat itu, kata dia, hanya diproduksi 10 ribu unit yang dikeluarkan secara bertahap per bulannya dalam waktu setahun. 

Menurut dia, seri itu menjadi sangat populer di antara seri yang lain. Perburuan T-Hunt seri itu pun memaksa Wawan merogoh kocek agak dalam. Dia mengaku mengeluarkan uang sekitar Rp 15 juta untuk mendapatkan seri ini. 

"Yang paling mahal itu seri T-Hunt tahun 1995, saya sampai mengeluarkan uang Rp 15 juta," ujar Wawan. 

Kendati demikian, dia mengaku tak menyesal, karena sebanding dengan kepuasan yang didapatkannya. 

"Harganya memang lumayan, tapi kita ada kepuasan tersendiri lah," kata dia. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, ketua penyelenggara IDE 2014, Arya Lembana mengungkapkan, selama ini para kolektor belum pernah memamerkan koleksinya pada publik.

"Kebanyakan mereka silent collector. Dan ini pertama kalinya mereka membuka semua koleksi-koleksinya," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014