Benghazi, Libya (ANTARA News) - Setidaknya 356 orang telah tewas dalam pertempuran di Benghazi, Libya, sejak serangan terhadap milisi Islam bulan lalu yang didukung pemerintah.

Lebih dari 200 orang yang tewas adalah tentara - baik anggota tentara reguler atau loyalis kontroversial pensiunan jenderal Khalifa Haftar, kata yayasan Bulan Sabit Merah dan sumber-sumber rumah sakit, Sabtu.

Tetapi warga sipil juga menjadi korban, terperangkap dalam baku tembak ketika pasukan bertempur untuk merebut kota timur kembali dari milisi yang disita pada Juli.

Semua tiga kota besar Libya - ibu kota Tripoli, kota kedua dan ketiga Benghazi dan Misrata - sebagian besar di bawah kendali milisi yang dipimpin kubu Islam.

Di Benghazi, salah satu dari mereka - Ansar al-Sharia - masuk daftar hitam oleh Washington sebagai kelompok teror karena dugaan perannya dalam serangan mematikan 2012 terhadap konsulat AS.

Lebih dari tiga tahun setelah Moamer Gaddafi digulingkan dan dibunuh dalam pemberontakan yang didukung NATO, Libya kini dibanjiri dengan senjata dan milisi yang kuat, dan dijalankan oleh saingan pemerintah dan parlemen.

Pemerintah yang diakui secara internasional telah mendirikan basis di kota timur terpencil Shahat dan sebagian besar wilayah negara Afrika Utara berada di luar kontrol, demikian laporan AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014