... asalkan pemerintah serius dalam menindak dan menanggulangi kebakaran hutan... "
Jakarta (ANTARA News) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) optimistis Indonesia bisa terbebas dari asap pada 2015 asalkan pemerintah serius melakukan penanggulangan dan menindak tegas pelaku-pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Negeri kita bisa terbebas asap di 2015, asalkan pemerintah serius dalam menindak dan menanggulangi kebakaran hutan," kata Menejer Kampanye Hutan dan Perkebunan WALHI, Zenzi Suhadi, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, bebas asap sangat mungkin diwujudkan bila konsentrasi pemerintah tidak lagi soal masker antisipasi asap dan selang air buat melakukan pemadaman kebakaran.

Karena asap dan kebakaran sendiri merupakan dampak. Kapasitas pemerintah seharusnya tidak memosisikan diri sebagai pemadam kebakaran, tetapi harus merumuskan pemulihan penyebabnya.

"Kami harapkan pemerintah melakukan pemulihan dari penyebab terjadinya kebakaran bukan sebagai pelaku pemadam kebakaran," tuturnya.

Dikatakannya, kebakaran berawal dari ujung pena Menteri Kehutanan dan Kepala Daerah, maka pemulihannya juga harus dimulai dari meja dan pena kedua pemimpin intansi tersebut.

Dilain hal, katanya, revisi perizinan mutlak dilakukan oleh pemerintah agar alam bisa segera menemukan keseimbangan.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014