... sampaikan dengan cara yang tepat dan beretika. Sekali lagi, tidak waton suloyo... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menginstruksikan tiga kewajiban kepada Anggota Fraksi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan para kepala daerah yang berasal dari Partai Demokrat (PD).

Instruksi tersebut menurut kicauan twitter milik SBY @SBYudhoyono yang diunggah pada Minggu petang sekitar pukul 19.00 WIB, diterbitkan pada 12 November 2014 lalu oleh SBY di Cikeas.

Instruksi SBY itu disebutnya tiga kewajiban bagi Partai Demokrat, atau disingkat "3 Wajib PD". Pertama, para Gubernur, Bupati & Wali kota (atau wakil-wakilnya) yang berasal dari PD wajib loyal kepada Presiden Jokowi.

"Sebagai Kepala Daerah, garis komando dalam pemerintahan adalah Presiden, dan bukan kepada Ketua Umum Partai," kicau @SBYudhoyono.

Kedua, "PD wajib mendukung kebijakan presiden dan pemerintah yang tepat dan sungguh bermanfaat bagi rakyat. Tidak waton suloyo (asal bicara)."

Ketiga, "PD wajib mengkritisi dan menolak kebijakan Presiden dan Pemerintah yang tidak tepat dan nyata-nyata tidak pro rakyat."

"Jika harus tolak dan kritisi kebijakan yang salah dan tidak pro rakyat, PD mesti sampaikan dengan cara yang tepat dan beretika. Sekali lagi, tidak waton suloyo," demikian kicau @SBYudhoyono.

Pewarta: Muhammad Iskandar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014