Gunung Kidul (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong petani Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membentuk koperasi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Ambar Tjahyono di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan koperasi dapat meningkatkan perekonomian petani.

"Di Kabupaten Gunung Kidul lebih banyak kelompoknya karena memang daerah ini potensi pertaniannya luar biasa," kata Ambar di Gunung Kidul Minggu.

Ia mengatakan, jumlah kelompok pertanian di DIY mencapai 156 kelompok. Di Gunung Kidul ada 56 kelompok yang menjadi bagian kelompok pertanian yang menjadi binaannya.

"Pemberian alat saja tidak cukup karena untuk menyejahterakan mereka, maka ke depan saya akan berbicara dengan mereka untuk mendirikan koperasi.Kami dorong pendirian koperasi yang sehat bukan saja koperasi yang sekedarnya," katanya.

Ia mengatakan, petani harus mampu mem-"branding" produk yang dihasilkan sehingga kualitas dari produk pertanian mampu maksimal. Sebab saat ini kerangka berpikir petani harus diubah sehingga, mampu menyejahterakan petani.

"Kerangka berpikir yang harus diubah. Sebab, tanah pertanian semakin sempit diperlukan petani yang tangguh," kata dia.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014