Madrid (ANTARA News) - Ribuan orang berunjuk rasa di Madrid Minggu waktu setempat untuk mendukung kemerdekaan dari wilayah Sahara Barat yang disengketakan dan merupakan bekas koloni Spanyol di Afrika barat daya.

Sekitar 3.000 orang berpawai dari stasiun kereta Atocha menuju pusat kota Plaza de la Provincia di bawah spanduk bertuliskan "Sahara merdeka sekarang juga!".

Spanduk dari berbagai wilayah Spanyol terlihat pada demonstrasi yang juga diikuti konser musik dan aksi seni jalanan dengan berpakaian merah, hijau, hitam dan putih yang menjadi warna tradisional bendera Saharawi.

"Kami percaya rakyat Saharawi memiliki hak menentukan diri sendiri," kata Jose Taboada, Presiden Koordinasi Asosiasi Spanyol untuk Solidaritas Sahara Barat, yang mengorganisasi demonstrasi dan menginginkan wilayah itu memilih merdeka.

"Ini adalah teriakan menuntur pemerintah Spanyol turun tangan membantu rakyat Saharawis untuk bisa memungut suara guna menentukan seperti apa keinginan mereka," kata dia seperti dikutip AFP.


 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014