London (ANTARA News) - Boyband One Direction dan vokalis U2 Bono bersama bintang-bintang musik pop dan rock Inggris lain merekam satu versi baru lagu amal Band Aid untuk menggalang dana guna memerangi Ebola di Afrika.

Single "Do They Know It's Christmas?" pertama kali direkam 30 tahun lalu setelah musisi dan dermawan Bob Geldof menginspirasi bintang-bintang musik untuk bergabung dalam Band Aid dan membantu mereka yang terdampak kelaparan di Ethiopia.

Lagu itu sudah dibuat ulang, dengan kata-kata dalam versi asli lirik yang dia tulis bersama Midge Ure diubah untuk mencerminkan kondisi krisis yang sekarang.

"Ini sebuah lagu, ini sebuah jalur tapi ini kegiatan, dan panggung selanjutnya sekarang adalah untuk membalikkannya menjadi fenomena seperti tahun 80an," kata Geldof kepada BBC TV saat dia tiba di studio rekaman di barat London.

Geldof, yang dulu adalah pentolan band Irlandia, The Boomtown Rats, mengatakan dia telah bicara dengan Menteri Keuangan Inggris George Osborne yang telah sepakat untuk mengorbankan pajak yang biasanya harus dibayarkan ke pemerintah dari penjualan rekaman.

Lagu asli dari tahun 1984, yang bisa menghasilkan delapan juta pound (11 juta dolar AS, menampilkan beberapa seniman besar seperti Bono, George Michael dan David Bowie. Lagu itu sudah dua kali direkam ulang, tahun 1989 dan 2004.

Kali ini Bono akan bergabung dengan Robert Plant, pentolan band rock band Led Zeppelin, vokalis utama Coldplay Chris Martin, serta penyanyi Ed Sheeran dan Sam Smith.

"Sangat hebat bisa terlibat," kata Niall Horan dari One Direction.

"Harapannya bisa jadi nomor satu dan menghasilkan banyak uang untuk alasan yang benar-benar bernilai," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Geldof awal pekan ini memutuskan untuk membuat kembali single itu setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menghubunginya, menyatakan bahwa bantuan diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit Ebola ke luar Afrika Barat.

Ebola telah membunuh lebih dari 5.000 orang sejak mewabah di Afrika Barat awal tahun ini menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014