Jakarta (ANTARA News) - Saat ini, smartphone dan jaringan internet rasanya sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia di muka bumi.

Di era seperti itulah, industri perbankan pun berlomba-lomba mencari tempat di antara pengguna smartphone. Namun, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. baru meluncurkan aplikasi mobile banking-nya yang diberi nama "D-Mobile" hari ini. Relatif tertinggal dibanding bank-bank lain di Indonesia.

Meski demikian, Danamon muncul dengan aplikasi mobile banking yang cukup inovatif dengan berbagai fitur menarik termasuk informasi promo di merchant Danamon dan pemindaian lokasi ATM radius 5 kilometer.

Direktur Consumer Banking Danamon Michellina Triwardhany menjelaskan alasan ketertinggalan mereka.

"Tahun sebelumnya kami lebih fokus pada internet banking dan sms banking, kini kami hadir dengan inovasi baru dan momennya tepat," kata Michellina saat peluncuran aplikasi D-Mobile di Jakarta, Senin.

Berbeda dengan aplikasi mobile banking bank lain yang cenderung kaku, "D-Mobile" tampil lebih segar dan "fun" dengan fitur "Augmented Reality" dan "Sos-Med D-Cash".

Augmented Reality memungkinkan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang hobi belanja atau wisata kuliner mendapatkan informasi promo-promo dari Bank Danamon yang bekerja sama dengan sejumlah toko merk tertentu ataupun di restoran beradius lima kilometer dari pengguna.

Fitur tersebut juga bisa digunakan untuk mencari lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat.

Sementara Sos-Med D-Cash memungkinkan pengguna mengirim dana pada teman pengguna Facebook.

Head of Consumer Lending and Alternative Channel Djamin Nainggolan mengatakan saat ini penetrasi internet di Indonesia 28 persen, di mana 53 persen di antaranya memiliki sosial media.

"Rata-rata durasi berseluncur di sosmed sekitar 2 jam 54 menit per hari, penjualan smartphone pun meningkat 70 persen. Ini momen yang tepat bagi Bank Danamon untuk masuk," katanya.

Hadir dengan versi 1.0, aplikasi D-Mobile mendapat sambutan baik dari pengguna. Di Apple Store, misalnya, aplikasi yang baru diperbarui 9 November 2014 itu mendapat peringkat lima bintang.

Aplikasi "D-Mobile" dapat diunduh melalui App Store, Google Play atau BlackBerry World.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014