Banyak hal yang harus ditindaklanjuti."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bakal membuat memo ke semua menteri di jajaran Kabinet Kerja untuk memberitahukan hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke perhelatan APEC, ASEAN, dan G20.

"Nanti Menlu akan membuat memo," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil dalam konferensi pers setelah Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Menurut Menko Perekonomian, memo itu penting agar dapat mengetahui antara lain komitmen yang telah dibuat oleh Presiden mengenai hasil kunjungan ke tiga negara.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap menteri juga dapat mengetahui dan melakukan "follow-up" atau menindaklanjuti apa saja yang sesuai dengan bidang masing-masing.

Sebelum mengikuti Sidang Kabinet, Menko Perekonomian Sofjan Djalil mengatakan, banyak hal yang mesti ditindaklanjuti terkait hasil lawatan Presiden Joko Widodo setelah mengikuti pertemuan APEC, ASEAN dan G20.

"Banyak hal yang harus ditindaklanjuti," kata Sofyan Djalil kepada wartawan.

Menurut dia, berbagai hal itu khususnya terkait dengan pembangunan infrastruktur.

Apalagi, lanjutnya, Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya juga telah mengkampanyekan terkait konsep Poros Maritim Dunia yang menjadi salah satu gagasan unggulannya.

Untuk itu, ia mengemukakan bahwa sejumlah pembangunan infrastruktur yang penting antara lain terkait masalah logistik pelabuhan.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014