Kami sudah menginformasikan ketinggian air kepada sejumlah pihak terkait seperti Tagana Kota Bogor, BPBD Kabupaten Bogor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan petugas pintu air Depok serta Manggarai...."
Bogor (ANTARA News) - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor, Jawa Barat meningkat menjadi siaga empat, seiring dengan turunnya hujan di kawasan Puncak.

"Ketinggian air mulai dari pukul 16.15 WIB langsung 80 cm siaga empat banjir," kata Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman, saat dihubungi Antara di Bogor, Senin.

Andi mengatakan, kawasan Puncak telah diselimuti hujan gerimis sejak pukul 14.00 WIB, meski intensitas ringan atau gerimis, tapi merata di seluruh wilayah Puncak.

Beberapa wilayah mengalami intensitas berbeda seperti di kawasan Cipayung hujan cukup deras, dan di beberapa wilayah gerimis sedang.

Andi memprediksikan jika hujan di kawasan Puncak cenderung merata, maka ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung masih bertahan.

"Namun kita khawatirkan jika wilayah hilir juga turun hujan maka akan ada penambahan debit air yang akan masuk ke Jakarta," kata Andi.

Saat ini, di kawasan Kota Bogor masih mendung dan sedikit hujan gerimis. Sedangkan di kawasan Depok masih mendung dengan ketinggian di pintur air normal 100 cm.

Begitu juga dengan kawasan Manggarai yang sudah mulai gerimis ketinggian pintu air normal 600 cm.

"Kami tetap menghimbau masyarakat yang ada di wilayah hilir untuk tetap waspada, terutama di musim penghujan ini, karena selama bulannya masih ada ber-ber itu akan terus hujan," ujar Andi.

Andi menambahkan, selama bulan November kenaikan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sudah terjadi empat kali dalam ambang batas siaga empat banjir. Ketinggian pertama terjadi Senin (10/11) setinggi 80 cm, lalu di Rabu (12/11) ketinggian 50 cm, Kamis (13/11) ketinggian mencapai 70 cm.

"Kami sudah menginformasikan ketinggian air kepada sejumlah pihak terkait seperti Tagana Kota Bogor, BPBD Kabupaten Bogor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan petugas pintu air Depok serta Manggarai. Secara berkala laporan terus kami sampaikan," kata Andi.

Hingga berita ini diturunkan kawasan Puncak masih bertahan hujan gerimis, sedangkan di Kota Bogor hujan gerimis juga sudah mulai turun.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014